Uang Itu Power

Goenardjoadi Goenawan
Sumber :
  • Dokumentasi Haesanmul Gansig

VIVA.co.id - Uang adalah power.

Miliarder Sara Blakely Berbagi Nasihat Bisnis Terbaiknya

Untuk menjelaskan konsep bahwa uang adalah power, ada beberapa ilustrasi.

Kasus 1.

Polwan Dibogem.

Keponakan Kasat Narkoba Polres Jakarta Barat Lapor ke Propam. Brigadir E, Polwan anggota Subdit Dikyasa Ditlantas Polda Metro Jaya kena dibogem AM, pria keponakan Kasat Lantas Polres Jakarta Barat.

Brigadir E, juga dilaporkan ke Propam karena dinilai arogan. Arogansi itu karena saat terjadi serempetan, mobil milik keponakannya dipukul Polwan yang memakai motor.

Tak hanya itu, AM keponakannya dijemput petugas lalu lintas saat di tempat cucian mobil dan dibawa ke Polsek Jatinegara. Keponakannya pun diintimidasi.

“Saya datang ke Polsek dan menengahi untuk damai, tapi Polwan tidak mau ya sudah saya tinggal ponakan diperiksa dan kasus pemukulan lanjut,” urai paman AKBP Kasatlantas. AM sendiri tidak ditahan.

Pertanyaannya, menurut Anda dalam kasus ini kira-kira yang menang siapa? Hmmmmm kasus Brigadir lawan ponakan AKBP. Anda pikir aja sendiri.

Contoh berikutnya, ada karyawan di sebuah perusahaan. Dia mengajukan kartu kredit bunganya 90 persen yaitu 10 kali lebih besar daripada corporate loan, sedangkan pemilik perusahaan mendapat kredit bunganya 9 persen. Siapa yang menang dalam hal ini?

Uang adalah kekuatan. Power. Ini seperti listrik. Anda kesetrum lampu senter, beda dengan kesetrum listrik yang 900 watt. Beda lagi kalau listrik yang 10.000 watt. Makanya kalau ada karyawan pabrik kesetrum efeknya celaka.

Nah, mengapa Jusuf Kalla bersikeras meneruskan KUR atau kredit usaha rakyat yang bunganya 12 persen?

Logikanya begini. Dalam perusahaan porsi gaji biasanya sekitar 3-5 persen. Sedangkan profit perusahaan mungkin sekitar 5-8 persen. Ibarat kekuatan, artinya dana gaji itu setara 3 banding 5.

Atau ibarat pembagian hasil Usaha porsi gaji 3/8 atau 37,5 persen vs pemilik usaha 62,5 persen bukan?

Oleh karena, itu bila dana gaji ini dikelola oleh bank, misalnya Bank DKI mengelola dana gaji seluruh karyawan di Jakarta. Logikanya kekuatan berimbang. Kalau begini dalam kisah adu kekuatan, kira-kira siapa yang menang?

Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.

Ex Vice President Director PT Lotteria Indonesia. Konsultan dan Motivator tentang Paradigma baru tentang uang.  Penulis 10 buku Manajemen. Buku terbaru eBook Money intelligent 3 Apakah itu Uang. Untuk memiliki eBook silahkan email goenardjoadi@gmail.com
WA 081219819915

dompet

Ketika Dompet Tebal Berisi Kertas Kumal

Dompet itu identik dengan uang.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016