Telkom: Data Center Kami Hanya di Indonesia

Telkom Indonesia.
Sumber :
VIVA.co.id
Apple Bangun Tempat Riset Dulu, Baru Jualan di Indonesia
- PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menegaskan Data Center dan Disaster Recovery Center (DRC) dari pelanggan Goverment berada di Indonesia, bukan di Singapura seperti yang ramai dibicarakan.

Tarif Interkoneksi Turun, Pemerintah: Demi Masyarakat

Melalui keterangan tertulis, Minggu, 21 Juni 2015, Telkom menyebutkan perusahaannya saat ini memiliki tiga Data Center yang berada di Serpong, Sentul, dan Surabaya. Kesemuanya dikelola dan dioperasikan oleh entitas anaknya, Telkomsigma.
Menkominfo: Permen Interkoneksi Terbit September 2016


Sementara satu Data Center lagi, Telkomsigma sedang membangunnya di beberapa kota, salah satunya di Balikpapan.


"Untuk
project
pemerintah, semuanya dikelola Telkomsigma di Indonesia. Sehingga merupakan dua hal yang berbeda. Tidak ada sama sekali data Pemerintah Indonesia yang ditempatkan di Singapura. Sementara itu, hingga saat ini, Telkom tidak mengelola data center untuk Badan Cyber Nasional," kata Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo.


Diketahui, Telkom melalui entitas anaknya, Telekomunikasi Indonesia International Pte. Ltd. Singapore (Telin Singapore) telah melakukan groundbreaking data center ketiga di Jurong. Data center yang dinamakan Telin-3 ini melengkapi dua data center sebelumnya yang dimiliki oleh Telin Singapore di Changi dan Tai Seng.


Ditargetkan, data center tersebut mulai beroperasi pada triwulan ketiga tahun 2016, sehingga diharapkan dapat memperkuat posisi Telin Singapore sebagai strategic hub bagi Telkom Group yang berambisi menjadikan Indonesia dapat terhubung dengan belahan dunia lainnya.


Disebutkan ketiga data center tersebut kepemilikannya dikuasai oleh Telin Singapore dengan 74 persen, sisanya adalah perusahaan-perusahaan multinasional dari kawasan regional dan global.


Telin-3 dirancang untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan layanan data center premium, tidak hanya di Singapura namun juga untuk kawasan regional dan global market dimana Telin Singapore akan berperan sangat penting dalam menyediakan layanan konektivitas telekomunikasi global yang dapat diandalkan, aman dan stabil. Fasilitas ini dibangun untuk memenuhi desain Multi-Tier dan dapat beroperasi secara optimal.


“Telin-3 yang dibangun dan dua data center lainnya ditujukan untuk menggaet perusahaan Singapura dan perusahaan multinasional yang ada Singapura,” ungkap Arif.


Dengan demikian, Telkom bersama Singapore Telecommunication Limited (SingTel) telah menyepakati pembentukan joint venture (perusahaan patungan) yang direncanakan akan mulai beroperasi pada tahun 2016. Project joint venture ini merupakan project yang berbeda dan tidak ada kaitannya dengan pembangunan data center Telin-3, Jurong di Singapura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya