Menteri Perdagangan Tegaskan Stok Pangan Cukup

Pedagang melayani pembeli di Pasar Rumput, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru
VIVA.co.id
Kurang Tenaga Pertanian, Indonesia Darurat Pangan
- Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengatakan suplai kebutuhan pokok selama Ramadahan dan Lebaran 2015 mencukupi. Kemendag berjanji akan menjaga kebutuhan dan stabilitas harga bahan pangan kebutuhan pokok.

Harga Pangan Menurun, Konsumen Kembali Bergairah

"Suplai kebutuhan bahan pokok itu cukup untuk puasa dan lebaran," kata Rachmat GobelĀ  di Kantornya, Minggu, 21 Juni 2015.
DPR Desak Pemerintah Intervensi Harga Bahan Pokok


Namun ia mengakui, saat ini harga cabai mengalami sedikit kenaikan harga namun ia memastikan pada bulan Juni mendatang harga cabai akan kembali normal.


"Kecuali cabai yang memang masih belum panen tapi saya dikasih tahu di bulan enam akhir atau bulan tujuh panen cabe ada. Sehinga stok cukup dan harganya akan stabil kembali," ujar dia.


Rachmat menyangkal adanya kenaikan harga di sejumlah pasar tradisional.

Pasalnya, menurut dia pasokan kebutuhan bahan pangan pokok aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.


"Kata siapa naik? Saya akan cek dulu. Kasih tahu saya di mana naik, kalau perlu di situ akan kita lakukan operasi pasar," ujarnya.


Jika terjadi kenaikan harga, kata Rachmat, hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan seperti biaya logistik. "Naiknya karena apa kita lihat juga. Suplai secara nasional cukup dan harga relatif stabil. Kalau naik itu mungkin karena logistik."


Rachmat Gobel juga menegaskan bahwa pengendalian harga di pasar cukup efektif lantaran kementerian perdagangan juga terbantu oleh beberapa perusahaan yang melakukan operasi pasar.


"Itu juga merupakan membantu program pemerintah yang melakukan hal yang sama," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya