Respons Strategi Utang Yunani, Bursa Asia Dibuka Bervariasi

Aktivitas di Bursa Efek Tokyo
Sumber :
  • REUTERS/Toru Hanai
VIVA.co.id
Bursa Asia Pasifik Tertekan Dinamika Pilpres AS
- Ekuitas Asia Pasifik dibuka bervariasi pada awal pekan ini. Hal tersebut didorong adanya tanda-tanda kompromi terkait pembicaraan utang Yunani dengan krediturnya yaitu Dana Moneter Internasional (IMF). 

Mengekor Wallstreet, Bursa Asia Dibuka Melemah
Dilansir dari CNBC, Senin, 22 Juni 2015, Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras, membuat tawaran baru paket reformasi yang akan dilakukan. Hal tersebut menghembuskan angin segar untuk mencegah kebangkrutan negara tersebut. 

IHSG Berusaha Bertahan di Atas 5.400, Pilih Empat Saham Ini
Kedua pihak akan melanjutkan negosiasi pada pertemuan puncak krisis di Brussels Pekan ini. 

Indeks Nikkei 255 dibuka naik 0,7 persen dengan didorong sedikit pelemahan yen yaitu 0,12 persen menjadi 122,80 pada perdagangan awal pekan. 

Saham perusahaan airbag, Takata turun 0,7 persen, menyusul adanya beberapa kecelakaan yang mengakibatkan kematian dikaitkan dengan kualitas produk perusahaan tersebut. 

Indeks Australia Standard an Poor's (S & P) ASX 200 tergelincir 0,1 persen, karena diselimuti kekhawatiran atas Yunani dan didorong aksi investor yang mencoba untuk menutup buku keuangan mereka pada 30 Juni mendatang. 

"Isu-isu makro mendorong dan menarik sentimen investor," ujar Analis Strategi Pasar IG Evan Lucas. 

Di Korea Selatan, indeks Kospi melompat 0,8 persen didorong naiknya beberapa saham blue chip di negara tersebut. 

Dua saham  yang berada di papan atas bursa Korea adalah Samsung Electronics dan Hyundai Motor yang naik masing-masing 1,5 persen. Sementara itu utilitas Kepco melonjak 4,4 persen merespons berita bahwa perusahaan listrik pemerintah akan menawarkan diskon kepada rumah tangga dan dunia usaha kelas kecil dan menengah. 

Sementara itu, bursa di kawasan China libur untuk hari nasional. 

Pada Jumat pekan lalu, Wall Street ditutup lebih rendah, dengan indeks utama berakhir dengan posisi terendah di hari itu. Indeks Dow Jones dan S & P 500 turun 0,55 dan 0,53 persen, sedangkan Nasdaq Composite naik 0,31 persen menyusul rekor tinggi di sesi sebelumnya. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya