1.000 Robot Pepper 'Astro Boy' Laku dalam Satu Menit

Robot Pepper
Sumber :
  • Japantrends.com

VIVA.co.id - Robot Pepper telah dipublikasikan sejak setahun lalu di Jepang. Baru saja, robot yang diklaim memiliki emosi ini dijual ke pasaran. Ribuan robot Pepper pun laku dalam kurun satu menit.

Dilansir melalui Cnet dari CIO, Senin 22 Juni 2015, robot itu diluncurkan ke pasaran pada hari Sabtu, 20 Juni lalu. Dalam waktu satu menit, total 1.000 unit robot habis dibeli oleh konsumen dengan harga US$1.610 per unit.

Tentu saja ini merupakan pencapaian yang cukup besar bagi produsen Pepper, sebuah perusahaan telekomunikasi terbesar di Jepang, SoftBank. Ini dianggap sebagai langkah yang sukses dan bisa dilanjutkan ke tahap penjualan berikutnya.

"Robot ini telah diciptakan sedemikian rupa untuk bisa berinteraksi dengan manusia dan membuat pemiliknya bahagia. Dia adalah robot yang penuh perasaan, bukan robot fungsional yang berguna untuk membantu di rumah," tulis SoftBank sebagai panduan pengenalan robot Pepper.

Pepper dibuat SoftBank bekerja sama dengan perusahaan robot asal Prancis, Aldebaran SAS. Di dadanya dilengkapi dengan sebuah tablet yang akan menunjukkan emosi. Selain harga per unit, SOftBank juga mengenakan biaya koneksi paket data berbasis cloud, serta biaya asuransi.

"Pepper akan membantu semua orang untuk tumbuh dan berkembang, meningkatkan taraf hidup, memfasilitasi hubungan manusia, bisa bersenang-senang, memberikan beberapa layanan dan mengkoneksikan mereka dengan dunia luar," tulis SOftBank.

Banyak yang menilai jika karakter Pepper mirip dengan komik manga Astro Boy. SoftBank tidak membantah hal tersebut. Pepper memang diciptakan sesuai dengan karakter komik kesukaan CEO SoftBank, Masayoshi Son. Dia sangat menyukai Astro Boy sejak masa kecil.

Usai sukses menjual 1.000 unit Pepper, SoftBank berencana untuk melanjutkan ke tahap penjualan kedua dengan target 1.000 unit produksi Pepper.

Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan

Penjualan ini akan bekerja sama engan Foxconn Technology Group dan Alibaba. Penjualan Pepper tahap kedua direncanakan akan digelar di Jepang bulan Juli nanti. (ase)

Kecerdasan Buatan Atau Artificial Intelligence (AI)

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2023