Tanah dan Api, Siapa Lebih Hebat?

Ilustrasi cacing tanah
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id -
Sebaik-baiknya Hadiah dan Kado
Sombong dalam bahasa Arab, disebut dengan takabbur yang makna asalnya adalah "membesarkan-besarkan diri". Begitulah iblis, ketika diperintahkan sujud kepada Adam, dengan sombongnya ia berkata, "Saya lebih baik dari Adam. Kau ciptakan aku dari api, sedangkan Adam Kau ciptakan dari tanah."

Tips Bijak Agar Tak Terlilit Utang

Seorang yang angkuh pada hakikatnya hanya merasa besar, padahal kerdil, merasa mulia, padahal hina, merasa mampu padahal nihil. Api terlihat lebih hebat dari tanah, padahal ia menyimpan banyak kelemahan jika dibandingkan tanah, berikut ini uraiannya.
Salat Tapi Terus Bermaksiat


1. Api sifatnya membakar, dan memusnahkan. Berbeda dengan tanah yang sifatnya mengembangkan dan menjadi sumber rezeki serta kehidupan banyak makhluk hidup.


2. Api sifatnya berkobar, tidak mantap, sangat mudah diombang-ambingkan oleh angin. Berbeda dengan tanah yang sifatnya mantap, tidak berubah lagi, tenang.


3.Tanah dibutuhkan oleh manusia dan binatang. Sedangkan api tidak dibutuhkan oleh tanah, bahkan manusia dapat bertahan lama hidup tanpa api.


4. Api walaupun ada manfaatnya, tetapi bahayanya pun tidak kecil. Bahayanya hanya dapat diatasi dengan memadamkannya. Berbeda dengan tanah, kegunaannya terdapat pada dirinya dan tanpa bahaya, bahkan semakin digali semakin nampak manfaatnya.


5. Api dapat padam oleh tanah, sedangkan tanah tidak binasa oleh api.


6. Di dalam tanah, terdapat sekian banyak manfaat, seperti barang tambang, sungai, mata air dan lain lain. Tidak demikian dengan api.


7. Allah banyak menyebut tanah dalam AlQuran dalam kitab suci-Nya dalam konteks positif, sedangkan api tidak banyak disebut. Kalaupun disebut, umumnya dalam konteks negatif.


Renungan ini ditulis oleh Ustad Faisal Kunhi, MA (Alumni Ponpes Gontor, Korps Da’i PKPU, pernah bertugas Duta Dai PKPU ke Korea Selatan dan Jepang).


(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya