Pemerintah Bangun Tol Jakarta-Cikampek II Tahun 2016

Ilustrasi Gerbang Tol Cikampek.
Sumber :
  • Jay Bramena/VIVAnews
VIVA.co.id
Pengamat: Eksekusi Jalan Tol JORR Seksi S Janggal
- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membangun jalan tol Jakarta-Cikampek II yang membentang sepanjang 72 kilometer (km) pada 2016.

Rute Alternatif Bila Terjadi Kemacetan di Tol Merak

Proyek ini untuk mendukung pengembangan kawasan industri dan kepadatan yang kerap terjadi di jalan tol Jakarta-Cikampek I.
Mangkrak, Jokowi Janji Tol Kalimantan Tuntas 2018


"Ada badan usaha yang usulkan untuk membangun jalan tol Jakarta-Cikampek II. Ini terkait dengan pengembangan kawasan industri, karena tol Jakarta-Cikampek I untuk beberapa segmen sudah penuh, padat," ungkap Achmad Ghani Ghazali, Direktur Pembangunan Jalan, Ditjen Binamarga Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa 23 Juni 2015.


Namun, lanjutnya, untuk mewujudkan niat tersebut, masih perlu kesepakatan beberapa pihak. Dia menjelaskan, PT Jasamarga merupakan badan pengelola yang memiliki kewenangan secara penuh.


"Sebenarnya Jasamarga memiliki kewenangan penuh, kan BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol)nya sama dia, jadi siapapun yang mengusulkan harus bahas bersama, bisa BPJT dan Jasamarga, untuk masa konsesi kami kan harus duduk bersama," ujarnya.


Untuk posisi jalan tol baru tersebut, jelasnya, akan berada di sebelah selatan tol Jakarta-Cikampek I.


Namun, Achmad masih enggan menyebut waktu pasti pembangunan jalan tol itu. Dia mengaku, baru mendapat kiriman surat dari pemrakarsa dan perlu pertimbangan lebih lanjut untuk pembangunannya.


"Mereka (pemrakarsa)
ngirim
surat, kalau sudah dibahas dan secara prinsip oke, mereka melakukan studi, FS (
feasibility study
)nya seperti apa, termasuk koridor, sistem lingkungannya, baru setelah itu bisa dijalankan," katanya.


Sementera itu, ditemui terpisah, Direktur Jenderal Binamarga Kementerian PUPR, Hediyanto W. Husaeni, mengatakan jika pemrakarsa jalan tersebut sudah menjanjikan, maka jalan tol itu sudah bisa diproses mulai tahun depan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya