Tips Pelesir saat Ramadhan

Ilustrasi Liburan
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id –
Berkunjung ke Tempat Bertarungnya Gladiator di Tunisia
Ramadhan bulan penuh berkah. Di bulan ini, umat muslim di seluruh dunia berlomba-lomba untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan meningkatkan spiritualitas diri.

Tanpa Tongsis, Bagaimana Gaya Liburan Turis Zaman Dahulu

Tapi, berpuasa tidak menghalangi sebagian dari mereka untuk tetap melakukan plesir. Bukan berarti juga Anda harus membatalkan puasa. Sebaliknya, dua hal itu bisa dilakukan berdampingan. Jalan-jalan sembari puasa, kenapa tidak?
Lebih Dekat dengan Keindahan Negeri China


Ingin tahu caranya, simak tips dari
Lonely Planet
di bawah ini:


Pengetahuan dasar berpuasa


Berpuasa adalah salah satu dari lima rukum Islam. Di masa-masa ini, umat muslim diwajibkan untuk menjauhkan diri dari makan dan minum, mulai matahari terbit hingga terbenam. Selain menahan lapar dan haus, di bulan Ramadhan juga ajang untuk berbuat baik dengan zakat dan amal. Saat sedang traveling, jangan mengabaikan hal ini agar kualitas puasa Anda tetap terjaga.


Bekal


Bila Anda wanita yang sedang berhalangan atau haid dan tidak berpuasa, saat pelesir bisa membuat bekal sendiri. Ini dikarenakan banyak tempat makan yang tutup di siang hari untuk menghormati orang yang berpuasa.


Jadwal jalan-jalan


Bila tidak kuat berwisata saat siang hari di tengah matahari yang terik, Anda bisa melakukannya pada malam hari sesudah buka puasa. Saat bulan Ramadhan, banyak tempat yang lebih aktif saat sore hingga malam hari setelah bedug dipukul.


Sukarelawan


Cara lain mengisi waktu sewaktu
traveling
di bulan Ramadhan adalah dengan menjadi sukarelawan. Anda bisa melakukannya di masjid atau yayasan amal setempat. Jangan malas menjadi informasi soal lowongan sukarelawan melalui internet.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya