Baru Tiga Maskapai Ajukan Penerbangan Ekstra saat Lebaran

Pesawat Garuda Indonesia.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id - Hingga Rabu, 24 Juni 2015, atau sepekan berjalan bulan Ramadhan, baru ada tiga maskapai penerbangan tujuan Yogyakarta yang resmi mengajukan penerbangan ekstra untuk persiapan mudik Lebaran.

Ketiga maskapai itu, Garuda Indonesia, Citilink dan Nam Air. "Sejauh ini memang baru tiga maskapai yang mengajukan penerbangan ekstra," kata Humas Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Edwin Wibowo.

Pihaknya belum mengetahui persis rute perjalanan mana yang diajukan penambahan penerbangan ekstra karena pengajuan itu kewenangan Kementerian Perhubungan dan Otoritas Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

"Kemungkinan rute-rute yang padat, seperti Yogya-Jakarta," ujar Edwin.

Garuda Luncurkan Layanan Penerbangan Vintage Era 70-an

Distric Sales Manager PT. Citilink Indonesia, Rahmakika Rahardiasari, mengatakan maskapai mereka mengajukan penerbangan ekstra saat berlangsungnya arus mudik-balik lebaran mendatang.

Penerbangan ekstra ini untuk tujuan Yogya-Halim PP, sedangkan penerbangan Yogya-Pekan Baru dan Yogya-Balikpapan tidak ada pengajuan penerbangan ekstra mengingat padatnya jadwal penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

"Untuk citilink tujuan Yogya-Halim yang reguler dilayani sebanyak empat kali, dalam arus mudik-balik mendatang akan ditambah ekstra penerbangan sebanyak 1 kali," katanya.

Menurut Kikan panggilan akrab dari Rahmakika Rahardiasari, pengajuan tambahan penerbangan hingga saat ini belum ada kepastian apakah disetujui oleh Lanud Adisutjipta dan Angkasa Pura I Bandara Adisutjipta Yogyakarta.

"Mungkin pekan depan kita sudah mendapat kepastian apakah disetujui atau tidak," tuturnya.

Untuk arus balik sendiri, booking tiket pesawat hingga saat ini sudah mencapai sekitar 85 persen dengan berbagai tujuan seperti Yogya-Halim, Yogya-Pekan Baru, Yogya-Balikpapan. Sedangkan yang sudah cetak tiket sudah mencapai 80 persen.

"Untuk harga tiket sendiri sudah masuk batas atas tiket karena bersamaan dengan arus balik lebaran. Meski batas atas harga tiket Citilink masih terjangkau karena dalam kisaran Rp1,1 juta," ujarnya.

Pesawat Garuda Indonesia

Garuda Jadi Maskapai dengan Protokol Kesehatan Terbaik di Dunia

Garuda Indonesia satu-satunya maskapai dari Indonesia. Selain protokol, Garuda juga baik soal kemanan.

img_title
VIVA.co.id
21 November 2020