Kartu Listrik Bersubsidi Siap Beredar Tahun 2016

Instalasi Listrik Industri
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
34 Proyek Pembangkit Listrik Mangkrak, Negara Merugi
-  Pemerintah akan mengalihkan subsidi listrik 450 VA dan 900 VA ke dalam bentuk kartu. Rencananya, pengalihan subsidi itu akan dilaksanakan pada tahun depan.

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE

"Yang ada, rencana desain bagaimana subsidi itu dialihkan kepada masyarakat," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, di sela-sela rapat kerja Kementerian ESDM dengan Komisi VII di DPR, Jakarta, Rabu 24 Juni 2015.
Krisis Listrik, Pemerintah Sumut Gandeng Tiongkok


Sudirman menjelaskan, masyarakat pelanggan 450 VA dan 900 VA mendapatkan kartu yang berisi subsidi listrik golongan 450 VA dan 900 VA. Kemudian, dengan kartu tersebut, mereka bisa membeli listrik dengan harga keekonomian.


"Pada waktunya, ketika seluruh listrik itu kalau tidak ada disparitas harga, subsidinya bukan diberikan kepada PLN, tapi langsung ke masyarakat," kata dia.


Rencananya, tahun depan, sistem tersebut akan digunakan. Penerapannya pun akan dilakukan secara bertahap. "Seharusnya, tahun depan siap," kata dia.


Menurut Sudirman, pemerintah ingin menyalurkan subsidi langsung kepada masyarakat. Alasannya mereka khawatir terjadi penyimpangan kalau subsidi disalurkan kepada perusahaan.


"Subsidi yang lewat perusahaan itu rawan penyimpangan. Oleh karena itu, kami mendorong untuk langsung ke pengguna. Saya kira semua menghendaki hal itu," kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya