Jelang Mudik, Kominfo Cek Kesiapan Jaringan Telekomunikasi

Menkominfo Rudiantara
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - Dalam rangka mengantisipasi peningkatan trafik telekomunikasi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 H, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar apel kesiapan jaringan.

Hari Ini, Pemenang Tender Palapa Ring Diumumkan

Kualitas layanan jaringan akan diberikan oleh para operator telekomunikasi kepada para pemudik, di mana nantinya akan diawasi oleh Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). Berbeda dengan tahun sebelumnya, persiapan antisipasi lonjakan trafik telekomunikasi ini digelar lebih awal, pada minggu pertama bulan puasa.

"Bila biasanya digelar dua minggu sebelum lebaran, maka kali dimajukan satu minggu. Agar nanti para operator lebih siap memberikan layanan kepada masyarakat saat melakukan mudik," ujar Menkominfo, Rudiantara, di kantornya, Jakarta, Rabu, 24 Juni 2015.

Kerugian Penyalahgunaan Telekomunikasi Capai Rp1,2 Triliun

Rudiantara menambahkan, kesiapan jaringan ini akan difokuskan pada titik-titik sepanjang jalur mudik, jalan tol baru (Cipali), hingga jalur kereta api. "Jalur mudik tersebut tidak hanya di Jawa, melainkan meliputi hingga jalur mudik di Sumatera, Bali, hingga Sulawesi," kata Chief RA, begitu Rudiantara disapa.

Diketahui, pengecekan kualitas jaringan ini untuk mengantisipasi peningkatan trafik telekomunikasi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 H. Kementerian Kominfo melalui Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) bersama para operator. Drive test dilakukan sesuai Peraturan Menteri nomor 16 tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Jasa Telepon Dasar pada Jaringan Bergerak Seluler.

Menkominfo Dukung Open BTS, Asal Jangan Komersial

Pada kesiapan jaringan ini ada empat fokus yang diperhatikan. Pertama, kuat daya pancar dan daya terima handset (coverage). Kedua, tingkat kesuksesan akses jaringan voice dan SMS (success call), dalam satu operator (on net) maupun lintas operator (off net). Ketiga, tingkat kontinuitas voice dan SMS (drop call/not delivered), dalam satu operator (on net) maupun lintas operator (off net). Keempat, kualitas download dan speed layanan internet (data throughput).

(mus)

memasang kabel serat optik di salah satu ruas jalan di Palu, Sulawesi Tengah

Pemerintah Tender Ulang Palapa Ring untuk Paket Timur

Tender diulang sebab peserta gugur sebab tak penuhi syarat.

img_title
VIVA.co.id
3 Februari 2016