Mentan Kaget, Harga Bawang Merah di Pasar Rp35 Ribu

Menteri Pertanian Tinjau Panen Raya Bawang di Bima
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Januar
VIVA.co.id
Indonesia Terancam Krisis Petani
- Menteri Pertanian Amran Sulaiman kaget dan heran saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) bersama Bulog di Pasar Induk Keramat Jati, Jakarta Timur. Sebab, ditemukan harga bawang merah mencapai Rp35 ribu per kilogram.

Indonesia Peringkat Pertama Statistik Pertanian ASEAN

Sebab, setelah dia melakukan tinjauan langsung ke petani, harga bawang hanya berkisar di antara Rp6.000 sampai Rp8.000 per kg.
Jokowi Buat Proyek Keroyokan di Brebes


"Saya heran, harga bawang bisa sampai Rp35 ribu. Berarti, ada step yang panjang dari petani sampai ke konsumen. Artinya, kenaikan sampai 500 persen," kata Amran di Pasar Induk Keramat Jati.


Ia mengatakan, lonjakan kenaikan yang terjadi saat ini sangat tidak logis. Dia menuturkan, meskipun ada kenaikan, kisaran harga bawang hanya berkisar Rp18 ribu sampai dengan Rp20 ribu.


Lebih lanjut, Amran mengukapkan, Kementerian Pertanian telah memborong sebanyak 20 truk bawang dari petani didaerah Malang, Probolinggo, Brebes, dan Nganjuk.


Nantinya, 20 truk bawang tersebut akan mulai disebar dalam operasi pasar murah. "Kami beli 20 truk bawang dengan harga Rp10 ribu per kg. Dari yang kemarin kami beli, sekarang akan kita sebar dalam operasi pasar murah," kata dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya