Lima Cara Menjaga Kesehatan Gigi Saat Puasa

Ilustrasi wanita tersenyum dan gigi putih
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Menjaga kesehatan mulut dan gigi di kala berpuasa, adalah hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini karena, masalah pada gigi bisa menimbulkan dampak yang mengganggu puasa, yakni sariawan dan napas tak segar. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut agar puasa lancar? Simak ulasannya dikutip dari laman
Boldsky.
Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar


Hilangkan Depresi dengan Lari
Berkumur

Cara mudah untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi selama puasa, adalah dengan membiasakan diri berkumur setelah makan sahur dan berbuka. Berkumur bisa mengangkat sisa-sisa makanan yang menyelip di gigi, sehingga tidak berubah menjadi bakteri yang merusak gigi dan mulut.


Bersihkan lidah


Selain berkumur dan menggosok gigi, membersihkan lidah setelah makan sahur dan berbuka, dapat membuat gigi dan mulut lebih sehat. Karena, bakteri bisa saja menempel pada lidah Anda, yang bisa menyebabkan bau mulut yang mengganggu puasa.


Hindari pemakaian tusuk gigi


Setelah makan, biasanya Anda akan mengangkat kotoran sisa di gigi dengan tusuk gigi. Namun ketahuilah, penggunaan tusuk gigi bisa menyebabkan abrasi, yang menyebabkan gusi bengkak.


Kunjungi dokter


Sebagai tindak pencegahan, kunjungilah dokter gigi selama 6 bulan sekali, untuk mendapatkan perawatan terbaik agar kesehatan gigi terjaga. Hal ini juga akan semakin memperkecil risiko gangguan gigi yang dapat merusak gigi Anda. (art)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya