26-6-1945: Penandatanganan Piagam PBB

Suasana saat pelaksanaan Sidang Dewan Keamanan PBB.
Sumber :
  • REUTERS/Eduardo Munoz
VIVA.co.id
PBB: Satu dari Tiga Perempuan Pernah Alami Kekerasan
- Piagam Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) ditandatangani di San Francisco, Amerika Serikat, pada 26 Juni 1945, yang diharap dapat menjadi lembaga yang lebih baik daripada Liga Bangsa-bangsa.

Bupati Purwakarta Pidato di Markas PBB, Ucapkan Salam Sunda

Secara teoritis, ditujukan untuk upaya lebih baik dalam penyelesaian konflik internasional, serta proses negosiasi perdamaian. Pada kenyataannya, merupakan lanjutan dari kemenangan sekutu dalam Perang Dunia II.

Dilansir dari laman History, setelah PD II, AS, Inggris dan Uni Soviet mulai menyusun ulang formulasi deklarasi asli PBB, yang ditandangani oleh 26 negara pada Januari 1942.

Lima negara yang menjadi pemenang, yaitu AS, Inggris, Prancis, Uni Soviet, dan China, menetapkan diri sebagai anggota tetap Dewan Keamanan (DK) PBB, yang masing-masing memperoleh hak veto.

Namun tidak berbeda dari sebelumnya, PBB tetap hanya menjadi alat kepentingan negara-negara berkuasa, yang tidak memiliki kekuatan mandiri untuk menegakkan perdamaian di dunia.

Semua proses penyelesaian konflik, perdamaian dan pembuatan kebijakan di PBB, harus sesuai dengan kepentingan AS dan Eropa.

Kota Surabaya

PBB: Dunia Harus Banyak Belajar dari Kota Surabaya

Ikon hiu dan buaya Surabaya adalah simbol harmonisasi masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2016