Wanita, Lima Hal Ini Picu Masalah Kulit

Ilustrasi tata rias atau make up
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Bagi wanita yang tinggal di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, masalah kulit kering dapat muncul setiap saat karena efek buruk paparan sinar ultraviolet, yang didapat dari pancaran sinar matahari. 

Tips Tetap Cantik saat Musim Hujan

Padahal pengaruh polusi udara yang penuh dengan radikal bebas dapat memicu berbagai problem kulit, termasuk penuaan dini. 

Salah satu hal yang kerap diabaikan wanita Indonesia adalah perlindungan kulit dari terik sinar matahari. Selain mempertinggi risiko kanker kulit, paparan sinar UV juga bisa menyebabkan keriput dini serta bintik hitam.

Tujuh Bahaya Memakai Kosmetik Setiap Hari

Berikut merupakan lima hal yang memicu problem kulit, dilansir New Beauty:

Tidak memakai tabir surya

Mitos Salah Kaprah Soal Kosmetik Mineral

Terkadang karena sibuk atau diburu waktu, wanita kerap melupakan memakai tabir surya, padahal hal itu sangatlah penting. Tabir surya bila diterapkan pada wajah pada siang hari dapat membantu mengurangi risiko kanker kulit, hiperpigmentasi, penuaan dan kulit kering.

Lupa membersihkan wajah

Memakai pembersih wajah dapat membantu Anda menyingkirkan semua minyak, keringat dan kotoran yang terakumulasi seharian. Selalu bersihkan wajah dari make up dan kotoran sebelum tidur agar kulit bisa bernafas. 

Menambal make-up

Terus-menerus melakukan touch up tanpa membersihkan muka, bisa menyebabkan pori-pori kulit membesar dan akibatnya menimbulkan jerawat dan masalah kulit lainnya. Lakukan scrub atau eksfoliasi setidaknya dua minggu sekali agar sisa-sisa kulit mati terangkat dan kulit tetap muda.

Kosmetik berbahan enzim

Meskipun produk perawatan kulit dengan zat enzim di dalamnya bisa membuat kulit Anda bersih dan mengurangi minyak, tapi kandungan enzim dapat menghilangkan kesimbangan pH kulit. Itu, membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Jadi pastikan untuk membatasi penggunaan produk ini dan berkonsultasilah dengan dokter kulit Anda tentang apa yang terbaik untuk kulit Anda.

Tidak memakai pelembap

Kulit indah dan sehat dapat berubah ketika Anda tidak memakai pelembap pada cuaca panas. Sel-sel kulit berfungsi secara optimal dengan hidrasi yang tepat. Gunakanlah produk-produk yang berbahan dasar air atau yang mengandung lidah buaya untuk menjaga kulit tetap lembap dan kenyal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya