Anak dengan Daya Ingat Baik Cenderung Pembohong?

Ilustrasi anak
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Hasil studi terbaru menemukan keterkaitan antara daya ingat yang baik dengan kebiasaan berbohong. Studi dilakukan oleh University of Sheffield di Inggris.

Agar Hari Pertama Anak Masuk TK Berjalan Lancar

"Meski orangtua biasanya tidak terlalu bangga ketika anak-anak mereka berbohong, mereka setidaknya bisa senang bahwa ketika anak-anak mereka berbohong dengan baik, itu berarti anak-anak mereka berpikir lebih baik dan memiliki kemampuan memori yang baik," kata salah seorang, peneliti Elena Hoicka dari Universitas Sheffield di Inggris, seperti dilansir laman Times of India.

Studi melibatkan anak usia enam sampai tujuh tahun. Anak-anak tersebut diberikan tantangan, yakni dilarang mengintip jawaban di belakang kartu selama permainan di sebuah ruangan.
Cara Nadia Mulya Disiplinkan Anak

Setelah itu, peneliti akan melihat siapa saja yang melakukan kecurangan atau melanggar peraturan tersebut. Caranya, peneliti meletakkan sebuah kamera tersembunyi di dalam ruangan.
Menjelaskan Kematian pada Anak Usia Dini

Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang jago berbohong lebih baik dalam tes memori dan pengolahan daya ingat, dibandingkan dengan anak yang kurang ahli dalam berbohong. Hasil penelitian ini dimuat di
Journal of Experimental Child Psychology
.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya