Hindari Melakukan Lima Hal Ini di Depan Atasan

Ilustrasi kantor atau tempat kerja
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
5 Hal yang Membuat Anda Dibenci Rekan Kerja
- Memulai pembicaraan dengan atasan adalah hal yang
tricky
Nenek 99 Tahun Masih Aktif Jadi Instruktur Aerobik
atau susah-susah gampang. Anda biasanya memiliki waktu terbatas untuk menyampaikan hal atau uneg-uneg.

Orang Berkeluarga Punya Karir Lebih Baik
Pembicaraan dengan atasan juga bisa terjadi tanpa Anda duga seperti ketika bertemu di dalam lift atau di sebuah rapat penting yang digelar untuk mendiskusikan mengenai suatu proyek. Momen-momen tadi bisa terasa lebih mengintimidasi.

Lalu bagimana agar Anda terhindar dari masalah karena mengucapkan hal-hal yang kurang tepat?

Tak perlu khawatir, simak beberapa hal yang tak boleh Anda katakan di momen krusial bersama atasan Anda seperti yang dilansir dari Times of India.

Berbicara hal-hal kecil

Atasan Anda adalah orang yang sibuk dengan aktivitas dan jadwal yang padat. Ia tidak punya banyak waktu untuk mengobrol dengan bawahan-bawahanya. Oleh karena itu, jika kesempatan tersebut datang jangan menghabiskan waktu dengan membicarakan hal-hal kecil. 

Basa-basi memang terkadang diperlukan tapi jika terlalu panjang justru akan membuang kesempatan emas Anda. Maka dari itu, bicarakan ide-ide atau usulan dan pendapat Anda. Itu bisa membuatnya mengetahui kemampuan Anda dan memertimbangkan Anda sebagai karyawan yang patut diperhitungkan.

Tidak menyaring ide

Waktu mengobrol dengan atasan pasti akan membuat Anda tergoda untuk menyampaikan berbagai ide yang selama ini hanya ada di kepala Anda. Namun, hati-hati dalam mengungkapnnya. Cukup jawab poin yang ditanyakan dan cobalah untuk mengerucutkan ide pada proyek yang tengah menjadi pembicaraan.

Membicarakan pekerjaan di luar jam kantor

Waktu yang Anda habiskan bersama atasan di luar jam kantor, seperti ketika makan malam atau acara-acara khusus perusahaan adalah waktu bersosialisasi dan sedikit bersantai. Jangan terlalu serius dan justru membicarakan pekerjaan. Bisa jadi atasan merasa Anda terlalu ambisius dan membuat dia menganggap Anda adakah seorang penjilat.

Berusaha mengambil hati atasan

Memang waktu bersama atasan adalah kesempatan bagi Anda untuk sedikit pamer mengenai kesuksesan dan bukti-bukti akan kemampuan Anda. Tapi jangan sampai Anda terlihat seperti orang putus asa yang ingin mengambil hati atasan. Jangan pula menjelekkan rekan kerja Anda. Atasan bisa jadi akan menilai Anda sebagai karyawan yang buruk.

Terlalu rendah hati

Saat atasan memuji, Anda memang tak boleh terlihat congkak dan kelewat percaya diri. Tapi bukan berarti Anda harus terlalu rendah hati. Seorang atasan bukan hanya ingin karyawan yang pintar, namun juga percaya akan kualitas dan kemampuan diri sendiri. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya