Ikuti Jejak Wall Street, Bursa Asia Melemah

Bursa Saham Tokyo
Sumber :
  • REUTERS/Thomas Peter
VIVA.co.id
Bursa Asia Pasifik Tertekan Dinamika Pilpres AS
- Perhatian bursa kawasan Asia Pasifik menuju ke selatan ketika dibuka mayoritas melemah pada perdagangan hari ini, di tengah berkurangnya harapanan kesepakatan Yunani dan merespons data ekonomi Jepang yang baru di rilis. 

Wall Street Catat Rekor Anjlok Terlama Sejak Krisis 2008
Dilansir dari CNBC, Jumat, 26 Juni 2015, indeks Nikkei turun 0,4 persen. Saham Toyota, Suzuki dan Nissan masing-masing turun 0,6 persen, sementara itu produsen peralatan konstruksi Komatsu memperpanjang kerugian turun 2,2 persen pada pembukaan bursa pagi ini. 

Mengekor Wallstreet, Bursa Asia Dibuka Melemah
Saham produsen Airbag Takata juga dibuka turun 0,2 persen. Meskipun kepala eksekutif perusahaan tersebut pada Kamis lalu, memecahkan keheningan dengan meminta maaf karena berbulan-bulan menghindari dari sorotan. 

Indeks Australia Standar & Poor's ASX 200 dibuka meluncur kebawah sebesar 1,6 persen. Saham pertambangan dan perbankan jatuh di awal perdagangan. 

Sedangkan indeks Kospi Korea Selatan tergelincir 0,2 persen, setelah kekhawatiran atas meluasnya dampak krisis Yunani mengalahkan berita positif bahwa pemerintah Seoul akan mengeluarkan paket stimulus sebesar US$13 miliar.

Semalam, ekuitas AS selesai dengan kerugian moderat, merespon resolusi antara Yunani dan kreditor asing yang tidak mendapatkan titik temu. Dow Jones Industrial Average dan S & P 500 menurun 0,4 dan 0,3 persen, masing-masing, sedangkan teknologi berat Nasdaq tergelincir 0,2 persen.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya