Telkomsel Jakarta Down, Ini Penyebabnya

Suasana di suatu pusat perbelanjaan di Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id - Dalam beberapa hari terakhir, pengguna operator telekomunikasi seluler mengaku mengalami kesulitan akses data. Pengguna hanya mendapatkan akses 2G saja dan susah mengakses layanan 3G. Kesulitan itu termasuk dirasakan pengguna Telkomsel di berbagai area di ibu kota Jakarta.

Telkomsel Rilis Paket 3 in 1 Bagi Jemaah Haji

Di saat bersamaan, para operator sedang menyelenggarakan tata ulang frekuensi 1800 Mhz untuk jaringan 4G LTE secara bertahap di berbagai daerah. 

Vice President Technology and System Telkomsel Ivan Permana mengatakan, gangguan yang terjadi bukan dampak dari tata ulang frekuensi tersebut.

"Kalau gangguan itu bukan karena akibat penataan itu ya. Jakarta kan bukan daerah penataan. Mungkin saja ada lagi down sedikit, masih kami telusuri," kata dia kepada VIVA.co.id, Jumat 26 Juni 2015.

Ia mengatakan gangguan akibat penataan mungkin saja terjadi di area yang sedang dilakukan penataan frekuensi 1800 Mhz.

"Misalnya kami sedang penataan di Aceh, NTB, NTT, Batam, di sana bisa saja ada gangguan sedikit," ujar dia.

Ivan juga mengatakan gangguan itu kemungkinan bukan karena ada perubahan trafik akses pengguna di saat bulan puasa, meskipun ia mengakui pada bulan puasa ada perubahan masa puncak trafik.

Sebelum puasa, masa trafik puncak saat makan siang dan malam hari, namun saat puasa trafik bergerak ke arah sore hari. "Kalau puasa (trafiknya) pas pulang kantor pukul 16.00. Jadi masih kami telusuri (penyebabnya)," kata dia.

Dia meminta kepada pelanggan Telkomsel yang merasakan ada gangguan akses di wilayahnya, agar segera mungkin melaporkan ke Telkomsel. Perusahaan, kata dia, akan segera menindaklanjuti laporan gangguan akses masyarakat tersebut.

"Tinggal lapor saja, nanti akan kami cek apa perlu kami pasang repeater misalnya atau yang lainnya. Itu semua tidak bayar kok," katanya.

Sebagaimana diketahui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama operator memulai tata ulang spektrum 1800 Mhz untuk 4G/LTE mulai Senin 4 Mei 2015. Kick-off tata ulang dimulai di Maluku-Maluku Utara.

Setelah Maluku, tata ulang dilanjutkan ke wilayah Indonesia Timur yang lain, yaitu Papua, Sulawesi-Kalimantan, baru kemudian menyasar Pulau Jawa.

Telkomsel mempermudah jaringan pada libur Natal dan Tahun Baru.

Perlebar Transaksi Non Tunai, Telkomsel Gandeng KFC

Segmentasi KFC dan Telkomsel sejalan. yaitu menyasar anak muda.

img_title
VIVA.co.id
11 November 2016