Dua Kapal Perang TNI AL Dikerahkan Angkut Pemudik

KRI Banda Aceh 593 sampai di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta
Sumber :
  • Letkol Laut Maman Sulaeman

VIVA.co.id - TNI Angkatan Laut akan mengerahkan dua kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD), KRI Surabaya-591 dan KRI Banda Aceh-593 guna mendukung program mudik gratis Kementerian Perhubungan.

Ini Syarat Jika Pemerintah Ingin Target Inflasi Tercapai

Kemenhub mengadakan mudik gratis bagi warga Jakarta yang menggunakan sepeda motor menuju kampung halaman seperti, Semarang dan Surabaya. Dukungan juga diberikan pada arus balik kembali ke Jakarta dari Semarang dan Surabaya.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Kolonel Laut M. Zainudin, menjelaskan pengerahan kapal perang digunakan untuk mengangkut pemudik sepeda motor.
Masa Lebaran 2015, Jumlah Kecelakaan Turun 21 Persen

Apalagi tidak sedikit dari mereka membawa istri dan anak berikut barang bawaannya. Hal ini tentu sangat berisiko tinggi dan rawan kecelakaan.
Mudik 2015, Pengguna Angkutan Jalan Turun 10 Persen

"Karena itu saya mengimbau kepada para pemudik bersepeda motor dapat memanfaatkan kesempatan ini. Selain tidak dipungut biaya, juga akan mendapat makanan dan souvenir," kata M. Zainudin, Jumat 26 Juni 2015.

Kapal perang KRI Surabaya-591 dijadwalkan akan bertolak dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, pada 11 Juli 2015.

Kemudian pada 21 Juli 2015 akan mengangkut gelombang arus balik pemudik bersepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Sedangkan KRI Banda Aceh-593 akan bertolak dari Tanjung Priok menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada 13 Juli 2015, serta akan mengangkut gelombang arus balik pada 24 Juli 2015 dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tujuan Pelabuhan Tanjung Priok.
 
Pendaftaran mudik gratis ini dapat dilakukan secara online maupun offline. Secara online dimulai sejak 1 sampai 30 Juni 2015 dengan mendatangi kantor Kementerian Perhubungan RI, di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Syarat pendaftaran maksimal terdiri dari dua orang dewasa dan satu anak untuk satu sepeda motor, mengisi formulir sesuai kota tujuan dengan one way atau pergi pulang, foto kopi KTP, KK, SIM dan STNK, serta menunjukkan yang asli, dan menerima bukti pendaftaran.

Bagi warga yang mendaftar online tinggal datang untuk menunjukkan dokumen aslinya ke petugas, tanpa harus mengisi lagi formulir yang ada karena sudah diisi secara online.

Pendaftaran bagi prajurit TNI/TNI AL dan keluarganya dapat dilakukan di Puskodal Staf Operasi Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta Utara. Persyaratan membawa foto kopi STNK sepeda motor, KTP, KTA, KK dengan memperlihatkan aslinya.
 
KRI Surabaya-591 dan KRI Banda Aceh-593 dalam sekali pelayaran masing-masing kapal mampu mengangkut 1.000 unit sepeda motor berikut 1.500 penumpang. Sedangkan lama pelayaran dari Jakarta ke Surabaya kurang lebih 30 jam, sedangkan dari Jakarta ke Semarang kurang lebih 15 jam. (ase)
 




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya