Dua Mobil Tanpa Pengemudi Nyaris Tabrakan

Mobil otonom Google
Sumber :
  • futurehumanevolution.com

VIVA.co.id - Dua mobil tanpa pengemudi, masing-masing milik Google dan Delphi Automotive Plc, nyaris bertabrakan di jalanan Amerika Serikat.
Saat melaju di jalanan itu, kedua mobil berdekatan dan memotong jalur.

Bus Tanpa Pengemudi Diuji Coba, Nasib Sopir Terancam

Dikhawatirkan kejadian itu akan menjadi kecelakaan pertama yang melibatkan dua mobil otonom.

Dikutip dari Reuters, Jumat 26 Juni 2015, menurut eksekutif Delphi Automotive Plc, John Absmeier, insiden dua mobil tanpa pengemudi tersebut terjadi pada Kamis di San Antonio Road di Palo Alto, Silicon Valley, AS.

Diketahui, Absmeier saat itu menjadi penumpang dalam mobil otonom Audi Q5 yang dioperasikan Delhi. Sedangkan mobil otonom yang dioperasikan Google yaitu Lexus RX400h.

Untungnya tidak ada benturan yang terjadi antara dua mobil tersebut.

Saat kejadian, Absmeier mengatakan mobil otonom Delphi sedang siap pindah jalur, tapi kemudian mobil Google memotong jalur mobil otonom Delphi, dan memaksa mobil Delphi membatalkan pindah jalur.

"Mobil Deplhi kemudian mengambil tindakan yang tepat," ujar Absmeier yang menjabat sebagai Direktur Bisnis Global Program Berkendara Otomatis Deplhi.  

Berkaitan dengan insiden nyaris kecelakaan antara kedua mobil itu, Google belum memberikan komentar.

Selama menjalani uji coba, kedua perusahaan yang bertetangga itu memang telah melaporkan hanya mengalami benturan ringan dengan kendaraan reguler dengan pengemudi.

Menariknya, meski pernah membentur kendaraan lain di jalanan, Departemen Kendaraan Bermotor California menyatakan mobil otonom itu tak bisa disalahkan.

Delphi Automotive Plc yang bermarkas di Mountain view memang bertetangga dengan markas pusat Google.

Persaingan keduanya dalam uji coba mobil otonom sudah banyak diketahui. Delphi selama ini sudah menjalankan uji coba dua purwarupa mobil otonom Audi di California, sedangkan Google telah menguji lebih dari 20 purwarupa mobil otonom Lexus.

IED Shiwa konsep.

Perkenalkan, Mobil Keren Tanpa Ada Satu pun Jendela

Mobil masa depan itu IED Shiwa. Dipamerkan di Geneva Motor Show.

img_title
VIVA.co.id
3 Maret 2016