Solusi Sakit Tenggorokkan saat Berpuasa

Ilustrasi sakit tenggorokan atau gondok
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Lancar menjalankan puasa, tentunya menjadi tujuan setiap orang di momen Ramadhan. Namun, terkadang ada pemicu ketidak lancaran puasa, salah satunya keluhan sakit tenggorokan yang menyerang tiba-tiba. Lalu, apakah penyebab sakit dan nyeri tenggorokan saat sedang berpuasa?

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

Menjelaskan tentang hal ini, dr. Tri Ari Wibowo dari
Hilangkan Depresi dengan Lari
Meetdoctor.com, mengatakan bahwa penyebabnya sepele. "Kurang cairan," ujarnya. Kurangnya cairan di dalam tubuh bisa menyebabkan gejala dehidrasi yang akan mengganggu kelancaran puasa.


Dalam keadaan tubuh yang dehidrasi, sistem imun di dalam tubuh manusia menurun. "Sistem imun yang menurun, akan menyebabkan terjadinya peradangan di dalam tubuh, salah satunya tenggorokkan. Inilah alasan mengapa Anda seringkali sakit tenggorokkan tiba-tiba ketika sedang puasa," ujar Ari.


Dalam kasus yang lebih bahaya, sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh adanya infeksi yang tidak dapat disembuhkan, karena sistem imun yang terganggu.


Oleh karena itu Aria mengatakan, penting sekali bagi Anda yang berpuasa, untuk mencukupi asupan air putih saat sahur, berbuka, dan sebelum tidur. Hasil yang optimal juga dapat diraih dengan mengonsumsi buah dan sayur, yang juga bisa mengecilkan risiko peradangan dalam tubuh. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya