Bulog Lakukan Operasi Pasar di 21 Titik, Ini Daftar Harganya

Operasi logistik
Sumber :
  • VIVA/Fajar GM
VIVA.co.id
DPR Desak Pemerintah Intervensi Harga Bahan Pokok
- Badan Usaha Logistik (Bulog) melakukan operasi pasar terhadap 7 komoditi bahan pokok utama di bulan Ramadhan 1436 Hijriyah.

Kepala Bulog Divisi Regional Jakarta dan Banten Awaludin Iqbal mengatakan operasi tersebut dilakukan di sebanyak 21 pasar yang ada di DKI Jakarta dan Tangerang.

Harga Gabah Timpang, Peran Bulog Diminta Ditingkatkan

"Kita pilih pasar yang secara realitas paling banyak dikunjungi masyarakat," ujar Awaludin di acara pelepasan sebanyak 28 truk untuk melakukan operasi pasar itu di Gudang Bulog Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu, 27 Juni 2015.

Adapun ke-21 pasar itu tersebar di 5 wilayah Kotamadya Jakarta, serta di Kota Tangerang.

Pedagang Pasar Janji Jaga Stabilitas Harga Pangan

Di Jakarta Pusat, operasi pasar dilaksanakan di Pasar Sumur Batu, Paseban, Boplo, dan Pasar Rumput. Di Jakarta Selatan, operasi pasar dilaksanakan di Pasar Lenteng Agung, Kebayoran Lama, Pasar Minggu, dan Blok A.

Di Jakarta Timur, operasi pasar dilaksanakan di Pasar Rebo, Klender, Ciracas, Jatinegara, dan Kramat Jati. Di Jakarta Barat, operasi pasar dilaksanakan di Pasar Grogol, Palmerah, Jembatan Lima, dan Tomang.

Di Jakarta Utara, operasi pasar dilaksanakan di Pasar Sukapura, Anyer Bahari, Sindang, dan Pademangan.

Sementara itu di Tangerang, operasi pasar dilaksanakan di Pasar Tinggi.

Sebanyak 26 truk yang dilepas untuk melakukan operasi pasar bergerak ke-21 titik tersebut. Sebanyak 2 truk lainnya bergerak ke kelurahan-kelurahan.

Sebanyak 21 dari 26 truk yang bergerak ke pasar-pasar membawa 6 jenis bahan pokok yaitu beras, bawang merah, gula pasir, minyak goreng, dan cabai.

Lima truk lainnya membawa komoditi daging sapi. Kelima truk yang membawa komoditi daging sapi hanya melaksanakan operasi pasar di 5 titik yaitu Pasar Sukapura, Kramat Jati, Anyer Bahari, Ciracas, dan Sindang.

Menteri Perdagangan Rahmat Gobel yang melakukan pelepasan truk-truk yang akan melaksanakan operasi pasar menjelaskan operasi pasar dilakukan untuk memotong supply chain (rantai pasokan) yang selama ini membuat harga bahan-bahan pokok itu tinggi.

"Ini adalah upaya pemerintah untuk mengimbangi kenaikan harga di pasar," ujar Gobel.

Setiap bahan pokok dijual dengan harga yang telah ditekan. Operasi pasar dilakukan setiap hari dari pukul 07.00 WIB hingga 13.00 WIB hingga H-2 Hari Raya Idul Fitri.

Berikut adalah harga jual operasi pasar yang diterapkan pemerintah kepada masing-masing jenis bahan pokok:

1. Beras komersil tipe premium: Rp12.000/kg;
2. Beras komersil tipe medium: Rp9.500/kg;
3. Beras medium kemasan 5 kg: Rp8.000/kg;
4. Beras medium kemasan 1 kg: Rp7.600/kg;
5. Minyak goreng kemasan botol: Rp12.500/kg;
6. Gula pasir: Rp11.000/kg;
7. Bawang merah: Rp17.000/kg;
8. Cabai: Rp20.000/kg.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya