Dokter, Setelah Sakit Bolehkah Langsung Puasa?

Seminar Kesehatan
Sumber :
  • Dok Sequis

VIVA.co.id - Dalam berpuasa, batasannya bukan sehat atau tidak sehat, tetapi mampu melaksanakan atau tidak. Seseorang pasca sakit masih bisa berpuasa, asalkan ia memerhatikan asupan kalori saat sahur dan berbuka, cukupi kebutuhan cairan sesuai anjuran dokter.

Empat Trik Mengatasi Penyakit Kecil Tanpa Obat

Demikian ungkap pakar kesehatan dr Sandy Hantono. Dia mengutarakannya dalam seminar kesehatan "Kiat Berpuasa Pasca Sakit bersama Sequis" beberapa hari lalu.

Istirahat perlu, namun tidak boleh berlebihan. Dia menyarankan agar tetap menjaga kebugaran dengan olahraga ringan, konsumsi obat secara teratur serta patuh pada pengobatan yang dijalani.

“Untuk mereka yang baru sembuh dari sakit atau memunyai riwayat sakit namun ingin berpuasa, perlu memerhatikan apakah mereka sedang dalam pengobatan intensif atau dalam keadaan penyakit kronis. Jika dalam kondisi ini tetap memaksakan puasa dapat memperburuk kondisi sakitnya atau memperlama masa penyembuhan” tutur Sandy, dikutip dari rilis yang diterima Minggu, 28 Juni 2015.

Berdasarkan data klaim Sequis tahun 2014, penyakit terbesar yang banyak terjadi adalah DHF, Thypoid Fever, GEA, Obs Febris, Katarak, Gastritis, CAD, Dyspepsia, Appendicitis Acute, Bronchopneumonia. Karena itu sangat penting memerhatikan kesehatan lebih intensif, utamanya jika pasca sakit berat. (ren)

Ilustrasi minum

Cuaca Panas, Ini Cara Hadapi Radang Tenggorokan

Sebenarnya untuk mencegah radang sangat mudah, obati saja gejalanya.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2016