Ribuan Bus Siap Angkut Pemudik Lebaran 2015

Pemudik Mulai Padati Terminal Kampung Rambutan
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Sebanyak 7.923 unit bus siap melayani kebutuhan transportasi warga Jakarta yang akan mudik Lebaran tahun ini.

Pengganti Ahok Minta Demonstran Tak Terprovokasi

Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Emanuel Kristanto mengatakan, sebanyak 7.923 unit bus itu terdiri dari 2.469 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang berasal dari DKI, dan 5.454 bus AKAP yang berasal dari luar Jakarta.

"Data itu merupakan hasil rapat koordinasi bersama antara Dishubtrans DKI dengan instansi terkait, yaitu DPD Organda DKI dan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dalam rangka membahas persiapan DKI Jakarta menghadapi musim mudik Lebaran," ujar Emanuel di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 29 Juni 2015.

Rusun Cup, Cara DKI Memanusiakan Mantan Pemukim Ilegal

Sebanyak 2.469 bus AKAP yang berasal dari Jakarta dioperasikan oleh 41 Perusahaan Otobus (PO).

Emanuel menerangkan, sektor transportasi umum di DKI telah 100 persen siap menghadapi musim mudik tahun ini. Sebanyak 7.923 unit bus itu akan beroperasi dari 7 terminal bus yang dioperasikan oleh Dishubtrans DKI.

Alasan Lelang Proyek Anak Buah Ahok Selalu Gagal

Ketujuh terminal bus itu adalah Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulo Gadung, Terminal Tanjung Priok, Terminal Pinang Ranti, Terminal Rawamangun, dan Terminal Pulo Gebang. Dishubtrans juga menyiapkan sebanyak 10 pool bus sebagai antisipasi untuk mencegah terjadinya penumpukan di terminal-terminal utama.

Selain itu, sebanyak 490 unit bus bantuan yang terdiri dari 275 unit bus pariwisata dan 215 unit bus kota juga siap berfungsi sebagai armada cadangan saat armada utama yang disiapkan masih tak cukup mengangkut penumpang.

"Sarana angkutan Lebaran pada tahun ini telah siap 100 persen."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya