Menu Sehat Pilihan saat Anda Telat Bangun Sahur

Ilustrasi sereal
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Setiap orang di bulan Ramadhan, pasti pernah merasakan paling tidak satu hari saja, bangun terlambat saat sahur, mendekati waktu imsak. Hal inilah yang membuat konsumsi makanan instan meningkat, karena dinilai lebih cepat dan praktis.

Namun ketahuilah, makanan tersebut tidak akan membuat Anda cukup bugar dan kuat menjalani puasa di waktu siang. Lalu, makanan apa saja yang bisa dimakan dalam waktu singkat saat sahur?

Lebaran 2015, Pendapatan PT KAI Melebihi Target.

Berbicara mengenai gizi lengkap seimbang saat sahur, yang terpenting untuk dipenuhi adalah elemen pokok dalam makanan, seperti karbohidrat, vitamin, protein, dan serat.

Hal ini dibenarkan oleh Rita Ramayulis DCN, M. Kes, seorang ahli gizi, yang memberikan tips memilih makanan sehat dan bergizi lengkap, ketika sahur tinggal beberapa menit.

"Kandungan karbohidrat, bisa didapatkan dari biskuit atau sereal, siapkan susu sebagai sumber protein, dan tambahkan buah untuk melengkapi serat dan vitamin. Ketiga bahan tersebut bisa memberikan gizi baik meski hanya dalam beberapa menit waktu makan. Kalau mau lebih cepat, campurkan saja semua bahan-bahannya," ujarnya, beberapa hari lalu dalam sebuah seminar kesehatan.

Rita juga menyarankan, pilihlah makanan yang mudah dicerna agar tidak menimbulkan rasa tak nyaman pada perut. "Makanlah pepaya, karena teksturnya lembut dan mudah dicerna," ujarnya. Satu hal lagi yang penting, yakni asupan air putih, yang harus selalu dioptimalkan, untuk menjaga hidrasi tubuh saat berpuasa dan menjalankan aktivitas.

"Dengan menu singkat dan mudah ini, Anda bisa memastikan kandungan gizi lengkap seimbang, meski waktu makan sangat terbatas," ungkapnya. 

Warga India

MA India Izinkan Puasa Sampai Mati

Pengikut Jain mempraktikan tidak makan, minum dan bersenang-senang.

img_title
VIVA.co.id
1 September 2015