Empat Manfaat Menabung dengan Tabungan Berjangka

Ilustrasi anak menabung
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Pada saat menerima gaji, hal pertama yang seharusnya Anda lakukan adalah menyisihkan uang untuk ditabung. Memiliki tabungan itu sangat penting, terutama bagi Anda yang memiliki target keuangan atau hendak membeli properti di masa depan.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Tanpa rajin menabung, mencapai target keuangan atau membeli properti di masa depan hanyalah jadi mimpi belaka. Menabung itu susah-susah gampang.

Permasalahan utama dari menabung yang seringkali terjadi adalah sulitnya untuk terus disiplin menyisihkan uang untuk ditabung. Terkadang sengaja atau tidak, uang tersebut Anda pakai untuk kesenangan pribadi yang tidak terlalu dibutuhkan. Ketidakdisiplinan ini tidak akan membawa Anda semakin banyak uang.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Jika Anda mau menabung tapi susah untuk disiplin dalam menyisihkan uang, Anda bisa menggunakan produk perbankan yang bernama tabungan berjangka atau biasa disebut tabungan berencana.

Tabungan berjangka adalah jenis tabungan di mana nasabah harus menentukan jangka waktu yang diinginkan untuk tetap menabung di bank. Jangka waktu yang dapat dipilih mulai dari enam bulan hingga 20 tahun dan besaran setoran setiap bulannya juga tergantung pada Anda.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Dengan menggunakan tabungan berjangka, dana setoran bulanan akan secara otomatis diambil dari rekening Anda dan masuk ke rekening tabungan berjangka.

Uang yang tersimpan di tabungan berjangka dapat diambil sebelum masa jatuh tempo, tapi Anda akan dikenakan biaya penalti sesuai dengan ketentuan bank. Suku bunga yang diberikan oleh bank untuk tabungan berjangka juga lebih besar, jadi dapat menambah keuntungan.

Keuntungan Memiliki Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka cukup berbeda dengan tabungan biasa. Mudahnya, tabungan berjangka merupakan fasilitas dari bank untuk Anda yang memang ingin menabung karena uang tidak dapat diambil kapan saja.

Dengan tabungan berjangka, Anda akan mendapatkan sejumlah keuntungan yang tidak bisa Anda dapatkan di tabungan biasa. Ini dia keuntungannya.

1. Menjadi Disiplin Menabung

Sebelum membuat tabungan berjangka Anda akan menentukan terlebih dahulu jumlah setoran bulanan yang akan disetorkan ke tabungan berjangka Anda.

Setelah itu, setiap bulannya, bank akan melakukan auto-debet atau memindahkan uang Anda sejumlah setoran bulanan yang telah disepakati di awal.

Jadi, bukan Anda yang bertugas menyisihkan uang untuk ditabung, melainkan bank yang melakukan tugas itu untuk Anda. Secara tidak langsung, Anda dipaksa untuk menabung setiap bulan. Dengan fasilitas ini, menabung jadi lebih mudah.
 
2. Suku Bunga Tinggi

Tabungan berjangka menawarkan suku bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Dengan suku bunga yang tinggi, maka uang yang akan Anda dapatkan nanti lebih banyak.

Tabungan berjangka memiliki keuntungan deposito dengan prinsip tabungan setiap bulan. Besaran suku bunga umumnya mengikuti besaran suku bunga tertinggi pada saat itu.

Semakin lama jangka waktu yang Anda tentukan, maka semakin besar suku bunga yang Anda terima. (Baca juga: Lima Alasan Mengapa Kamu Harus Banget Menabung)

3. Mendapatkan Asuransi dari Bank

Ketika membuka tabungan berjangka, Anda akan diberikan pilihan untuk mendapatkan asuransi atau tidak. Jika Anda memilih untuk mendapatkan asuransi, akan ada biaya tambahan yang akan dipotong dari bunga tabungan berjangka Anda.

Namun dengan asuransi itu, tabungan Anda akan ditanggung oleh bank sampai masa jatuh tempo nanti.

Misalkan, Anda menabung dengan jangka waktu lima tahun, namun saat tabungan baru berjalan tiga tahun Anda terkena musibah, kecelakaan atau penyakit yang membuat Anda tidak bisa bekerja, atau Anda meninggal dunia.

Maka setoran bulanan Anda akan terus dibayarkan oleh bank sampai masa jatuh tempo untuk diberikan kepada ahli waris Anda. (Baca juga: Lima Cara Yang Bisa Membuatmu Cinta Menabung)

4. Dana Tabungan Terjamin

Sama dengan tabungan dan deposito, dana di tabungan berjangka juga dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Apabila bank mengalami kebangkrutan atau dilikuidasi, maka jangan khawatir. 

Uang Anda tidak akan hilang begitu saja, melainkan akan dikembalikan oleh LPS kepada Anda. (Baca juga: Lima Tips Memilih Tabungan Untuk Anak)

Memiliki kedisiplinan dalam menyisihkan uang untuk ditabung adalah kunci utama dari kesuksesan menabung. Keinginan untuk memiliki banyak uang di tabungan tidak akan tercapai jika Anda tidak disiplin.

Padahal, menabung itu penting karena dengan menabung, banyak keuntungan yang dapat Anda nikmati. Jadi, jika Anda memang mau banyak uang, kuatkan komitmen Anda untuk disiplin menabung dari sekarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya