Ramadhan, Restoran Seafood di Pantai Yogya Kebanjiran Turis

kuliner Seafood
Sumber :
VIVA.co.id
Menanti Pintu Gerbang Dunia di Kulonprogo
- Bulan Ramadhan menjadi berkah tersendiri bagi para pengusaha restoran Seafood di pantai Depok, Yogyakarta. Para pemilik rumah makan seafood kebanjiran wisatawan yang ingin ngabuburit di pantai, dan berbuka puasa sambil menikmati matahari terbenam di pantai yang terkenal kuliner ikan laut di Yogyakarta tersebut. 

Miliarder Sara Blakely Berbagi Nasihat Bisnis Terbaiknya

"Mulai pukul 16.00 WIB sudah banyak wisatawan yang datang untuk ngabuburit di pinggir pantai Depok," kata Dardi Nugroho, warga Pantai Depok, Desa Parangkritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Selasa 30 Juni 2015.
Tak Selesai Kuliah, Ahmed Haider Ciptakan Aplikasi Drone


Biasanya para wisatawan memesan makanan seafood sebelum bermain di pantai. Setelah waktunya berbuka puasa mereka membatalkan puasanya dengan menu ikan laut yang dipesan.

Ngabuburit ini akan semakin ramai satu pekan menjelang Lebaran karena sudah banyak sanak saudara yang sudah kembali ke kampung halamannya untuk merayakan Lebaran.


"Ada juga instansi pemerintah maupun swasta yang memesan menu untuk berbuka bersama," tutur mantan Anggota DPRD Bantul periode 2009-2014 ini.


Sementara, Sumarni, pemilik rumah makan seafood Salsabila II, mengatakan kegiatan ngabuburit ini menjadi berkah tersendiri bagi rumah makan seafood di Pantai Depok.


"Kalau ada tiga hingga empat rombongan yang memesan menu makanan ikan laut sudah sangat disyukuri," kata ibu yang karunia 3 anak ini.


Harga menu makanan ikan laut pun masih sama dengan harga hari-hari biasa karena pasokan ikan masih normal dan harga-harga bumbu masakan masih relatif normal.


Menurutnya para wisatawan yang memesan menu makanan terbanyak memesan Cumi Lombok Ijo karena merupakan menu andalan di rumah makan seafood Salsabila II ini.


"Paling banyak pesanan menu Cumi Lombok Ijo dan juga Sop Kepala Ikan Kakap," ujarnya.


Sumarni mengatakan satu pekan jelang Lebaran dipastikan akan bertambah ramai mengingat banyak instansi yang melaksanakan buka bersama.


"Biasanya instansi yang akan melaksanakan buka bersama sudah memesan menu makanan jauh-jauh hari," jelasnya.


Untuk harga menu seafood sendiri kata Sumarni relatif terjangkau dari menu paket satu orang Rp20.000 hingga Rp25.000, hingga menu lain seperti yang diinginkan calon pembeli.


"Misalnya menu masakan Cumi Lombok Ijo, hitungannya satu kilogram cumi-cumi harganya Rp60.000 ditambah biaya masak Rp15.000 serta ditambah biaya untuk nasi, sambel, lalapan dan minum untuk empat hingga lima orang sekitar Rp50.000,"ucapnya.


Menurutnya dalam satu rombongan dengan empat sampai lima orang setiap pembeli hanya mengabiskan uang sekitar Rp300.000 untuk menu sesuai keinginan pembeli. Namun jika menginginkan menu paket justru lebih murah, tetapi biasanya menu paket jumlah rombongannya di atas 20 orang sehingga pemilik rumah makan seafood tidak merugi.


"Jarang rombongan yang hanya sekitar 5 orang memesan menu paket. Biasanya mereka memesan menu sesuai keinginan mereka sendiri sehingga harganya bisa lebih mahal," tuturnya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya