Perpanjangan Rute Kereta Prameks Tertunda

Ilustrasi perlintasan kereta api
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Terkait Demo, Hindari Stasiun Juanda dan Gondangdia
- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta terpaksa menunda rencana KA Prambanan Ekspres (Prameks) yang akan memperpanjang rute pelayanan hingga Stasiun Prembun, Kebumen, yang dijadwalkan mulai hari ini, Rabu 1 Juli 2015. Stasiun Kebumen, Jawa Tengah, merupakan wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto.

Antisipasi Kepadatan, KRL Tambah Petugas Tiket

"Rencananya memang hari ini Prameks akan memberikan pelayanan rute perjalanan hingga Stasiun Prembun, Kebumen, namun batal," kata
Penumpang Kereta Luar Kota Bisa Berangkat dari Jatinegara
Manager Corporate Communication PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Gatut Sutiyatmoko, Rabu.


Ia mengatakan, rencana perpanjangan rute perjalanan KA Prameks hingga Stasiun Prembun, Kebumen, adalah permintaan dari Daops 5 Purwokerto untuk mengurangi kepadatan. Biasanya, Prameks hanya melayani rute perjalanan dari Stasiun Kutoarjo- Stasiun Solobalapan PP.


Perpanjangan rute perjalanan KA Prameks hingga Stasiun Prembun, Kebumen, ini diharapkan mengurangi kepadatan dan penumpukan penumpang yang dapat mengganggu pelayanan terhadap penumpang di Stasiun Kutoarjo. Terlebih semua kereta penumpang berhenti di stasiun tersebut.


"Kami harap izin dirjen Kereta Api di Kementerian Perhubungan segera turun agar maksimal 7 Juli sudah bisa dioperasikan," kata Gatut.


Sementara itu, per 1 Juli ini, Daop 6 juga resmi menghapus operasional kereta Sriwedari dan digantikan Prameks. Penghapusan ini berdampak berubahnya tarif dari semula, tarif Sriwedari Rp13 ribu, menjadi Rp8.000 sesuai tarif Prameks.


"Dalam rangka memberlakukan sistem satu tarif satu nama KA dengan rangkaian Komuter, maka perjalanan KA Sriwedari dihapuskan diganti dengan KA Prameks II Solo-Jogja PP tarif Rp8.000," ujarnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya