Awal 2016, Seluruh Indonesia Nikmati 4G LTE

Ilustrasi 4G LTE
Sumber :
  • cnmeonline.com
VIVA.co.id
Perlombaan Layanan 4G, Ini Pemenangnya
- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menjanjikan layanan 4G Long Term Evolution (LTE) pada pita frekuensi 1800 MHz akan rampung Desember 2015. Sehingga, masyarakat Indonesia dapat menikmati layanan internet cepat berbasis
mobile
Demi 4G LTE, XL dan Indosat Ooredoo Saling Berbagi
tersebut pada awal 2016.
XL Perluas Layanan 4G LTE di 35 Kota, Ini Daftar Lengkapnya

"Akhir tahun ini di Desember 4G di 1800 MHz sudah selesai di seluruh Indonesia. Sekarang penataannya baru sampai Sulawesi, setelah sebelumnya
refarming
di Papua, Malaku, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, hingga Sulawesi," ujar Rudiantara dalam acara buka bersama dengan awak media di rumah dinasnya, Jakarta, Selasa malam, 30 Juni 2015.


Bila pita frekuensi 1800 MHz sudah ditata ulang di seluruh kota Indonesia, maka kata dia, masyarakat dapat menikmati layanan 4G LTE pada awal tahun 2016. Menurutnya, layanan 4G di 1800 MHz jauh lebih baik, ketimbang memanfaatkan di frekuensi 900 MHz.


"Ekosistem di band (pita) 1800 MHz lebih bagus dibanding 900 MHz," ungkap pria yang disapa akrab Chief RA ini.


Sementara, mengenai ketersedian ponsel 4G, Rudiantara mengungkapkan saat ini sudah banyak tersedia pasar gawai
(gadget)
di Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau oleh semua kalangan.


"Waktu saya ke Batam, banyak yang jual (ponsel 4G) di sana," kata dia.


Meski seluruh kota belum selesai ditata ulang, namun Kementerian Kominfo bersama para operator seluler telah menetapkan tanggal komersial layanan 4G serentak di lima kota besar. Kota yang dimaksud, yakni Makassar, Mataram, Balikpapan, Banjarmasin, dan Batam.


Operator seluler yang akan mengkomersilkan layanan 4G pada 1800 MHz, di antaranya XL Axiata, Telkomsel, Indosat, dan Hutchinson 3 (Tri). Sementara, satu-satunya operator seluler berbasis CDMA, yaitu Smartfren akan mengkomersialkan layanan 4G dengan memanfaatkan pita frekuensi 850 MHz.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya