IMF Mengonfirmasi Yunani Gagal Bayar Utang

Ilustrasi pensiunan.
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Harga Minyak Dunia Turun, Pasar Khawatir Stok Melimpah
- Dana Moneter Internasional (IMF) sudah mengonfirmasi bahwa Yunani tidak mampu membayar utang 1,6 miliar euro sesuai jadwal kepada lembaga keuangan itu, pada Selasa 30 Juni 2015.

Saham di Wall Street Ditutup Sedikit Menguat

Seperti dikutip dari
Lima Orang Terkaya di Afrika Selatan
Reuters , Rabu 1 Juli 2015, Juru Bicara IMF, Gerry Rice, mengatakan, Yunani hanya bisa menerima dana bantuan lebih lanjut dari kreditor global ketika tunggakan dilunasi.


Yunani telah meminta IMF memperpanjang tenggat waktu pembayaran. Rice menyatakan, permintaan Yunani itu akan disampaikan kepada direktur eksekutif IMF pada waktunya. 


Permintaan Yunani untuk perpanjangan dana talangan internasional, dan pendanaan selama dua tahun, serta program restrukturisasi utang tidak mencapai konsesus terhadap tuntutan kreditor untuk reformasi ekonomi.


IMF tidak menyebutkan lebih lanjut keputusan tiga kreditor, yakni Komisi Eropa, Bank Sentral Eropa dan IMF, terkait kemungkinan mencairkan pembekuan dana bantuan kepada Yunani.


Beberapa jam sebelum utang Yunani jatuh tempo, para menteri keuangan negara-negara anggota Uni Eropa telah sepakat untuk tidak mengucurkan dana talangan sebesar 7,2 miliar euro kepada Yunani.


Sementara itu, status Yunani di kelompok negara-negara zona euro masih bergantung pada referendum yang akan dilaksanakan pada Minggu 5 Juli 2015. Rakyat Yunani akan memilih apakah menerima prasyarat para kreditor untuk mendapatkan dana talangan, di antaranya peningkatan pajak dan pemangkasan anggaran kesejahteraan, atau tidak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya