Komisi II Pantau Persiapan Pilkada di Kalteng

Komisi II pantau persiapan Pilkada di Kalteng
Sumber :
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Komisi II DPR melakukan kunjungan kerja spesifik ke Provinsi Kalimantan Tengah. Agenda utama kegiatan adalah memantau kesiapan provinsi terbesar di Pulau Kalimantan ini dalam mempersiapkan pilkada serentak yang dijadwalkan akhir 2015.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

"Kami ingin mengetahui proses persiapan pilkada serentak Provinsi Kalteng, anggaran yang diperlukan KPU, bagaimana juga Bawaslu dalam mengawasi calon kepala daerah, serta proses penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) serta masalah lainnya," kata Ketua Tim Achmad Riza Patria usai pertemuan di Kantor Gubernur Kalteng, Palangkaraya, Senin 29 Juni 2015. 
PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI


Wakil Ketua Komisi II ini menyebut penting bagi DPR untuk memantau langsung di lapangan, mendengar aspirasi segenap
stakeholder
di daerah. Baginya, persiapan yang baik akan menjamin pilkada serentak dapat berjalan lancar, damai dan aman.


Lebih lanjut politisi Fraksi Partai Gerindra ini menyebut pilkada serentak di sejumlah daerah akan dilaksanakan secara bertahap yaitu pada 2015, 2017, dan 2018. Sementara itu, pilkada serentak secara nasional dijadwalkan akan dilaksanakan pada 2027.


Kunjungan ini diikuti pula oleh sejumlah anggota Komisi II DPR di antaranya Willy M. Yoseph, Diah Pitaloka, Sirmaji, Dadang S Muchtar,  Carles J Mesang, Fandi Utomo, Libert Kristo Ibo, dan Asep Maaosul Affandi.


Sementara itu, Wakil Gubernur Kalteng Achmad Diran mengatakan, Pemprov Kalteng siap mendukung suksesnya pilkada serentak. "Salah satu bentuk dukungan dari pemprov adalah dukungan anggaran untuk KPU, Bawaslu, dan aparat keamanan melalui APBD Kalteng," ujar dia.


Ia menambahkan, pemprov bersama DPRD Kalteng sudah menyetujui usulan penambahan dana untuk KPU yang sebelumnya sudah ditetapkan sebesar Rp102 miliar menjadi Rp162 miliar lebih. Dana tambahan tersebut telah diusulkan pada APBD Perubahan 2015.


Pilkada serentak yang akan dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Tengah dalam waktu dekat adalah pemilihan gubernur/wakil gubernur Kalteng dan pemilihan bupati/wakil bupati Kotawaringin Timur. (www.dpr.go.id)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya