Jepang Beri US$6 miliar Bantuan Pembangunan untuk Mekong

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe.
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Harga Minyak Dunia Turun, Pasar Khawatir Stok Melimpah
- Dilansir Reuters, Jepang, Sabtu 4 Juli 2015, menyatakan akan memberikan dana pembangunan tambahan sekitar US$6 miliar kepada negara-negara di kawasan Mekong. Yakni, Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, dan Vietnam.

Saham di Wall Street Ditutup Sedikit Menguat

Sementara China bersiap meluncurkan sebuah lembaga pinjaman baru di kawasan Mekong. Hal itu dilihat sebagai upaya untuk mengurangi kekuasaan Jepang, dan sekutunya Amerika Serikat di kawasan tersebut.
Lima Orang Terkaya di Afrika Selatan


Tokyo berencana memberikan pendanaan sekitar 750 miliar yen atau Rp81,6 miliar dalam tiga tahun ke depan, mengikuti bantuan 600 miliar yen atau Rp65,27 miliar yang dijanjikan kepada kelima negara itu dalam periode tiga tahun sebelumnya.  


Pemberian bantuan ini diumumkan pada pertemuan antara Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan para pemimpin kawasan Mekong di Tokyo, Jepang.


Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, dan Vietnam memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang kuat, dan destinasi menjanjikan bagi ekspor infrastruktur, pembangkit listrik, dan sistem jalur kereta api.


Mei lalu, Jepang mengungkapkan sebuah rencana untuk menyediakan bantuan US$110 miliar guna mendorong proyek infrastruktur ramah lingkungan dan berkualitas tinggi.






Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya