Venus dan Jupiter Turut 'Meriahkan' Ramadhan

Jupiter dan Venus terlihat di Masjid di Iran
Sumber :
  • Space.com/Saeed Jafari

VIVA.co.id - Umat Muslim di seluruh dunia sedang menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Menariknya, di sela bulan ini, dua planet, yakni Venus dan Jupiter akan menampakkan diri. Planet tersebut diklaim dapat dilihat dengan mata telanjang.

Seperti yang diberitakan oleh Space, Rabu, 8 Juli 2015, Venus dan Jupiter akan tampak terlihat di langit barat, setelah Matahari tenggelam. Menariknya lagi, kedua planet tersebut akan terlihat jelas dan sempurna di sore hari pada akhir Ramadhan atau 17 Juli 2015, tepat saat Idul Fitri tiba.

Namun, peristiwa tersebut dipercaya akan melibatkan waktu yang berbeda-beda di sebagian wilayah, karena perbedaan posisi dengan Venus dan Jupiter.

Dijelaskan oleh astronom di laman Space, baik Venus dan Jupiter secara perlahan akan menjauh pada akhir Juli nanti. Sebelumnya, mereka telah saling mendekat dengan jarak terdekat sekitar 0,33 derajat pada 30 Juni lalu, atau dua per tiga lebar bulan purnama.

Artinya, semakin lama, kedua planet itu akan menjadi semakin tak terlihat, karena mereka semakin dekat dengan Matahari. Namun, keduanya masih bisa terlihat bersinar saat langit senja.

Bila ingin melihat Venus dan Jupiter menggunakan teleskop, planet itu akan muncul hampir dengan ukuran sama, yang bahasa ilmiahnya sekitar 32 detik busur atau 1/60 diameter tetap dari Bulan.

Meski demikian, Venus akan terlihat lebih terang dari biasanya pada 10 Juli. Walaupun penampakannya akan sulit terlihat, karena posisinya rendah di langit saat senja.

Penjelasan Ilmiah atas Misteri Danau 'Merah Darah' di Iran

Sementara itu, Jupiter yang merupakan planet terbesar di Tata Surya‎, posisinya tujuh kali lebih dekat dengan Bumi. Maka, melihat dengan mata telanjang pun takkan kesulitan, tepatnya pada 26 Juli.

Secara teknis, Space menyebutkan kalau Venus akan kesulitan dilihat pada 10 Juni. Dikarenakan, Venus berada di posisi sangat rendah saat langit senja.

Sementara itu, Jupiter pada akhir Juli ini akan semakin tak tampak dengan kondisi langit yang semakin cerah, sehingga dibutuhkan t‎eropong untuk melihat planet ini. (art)

Rabu, Indonesia Kebagian Gerhana Bulan Penumbra
Fenomena Supermoon 2015 di Berbagai Belahan Dunia

Supermoon Langka Muncul 15 November Dini Hari

Akan muncul lagi 2034 nanti.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016