Antisipasi Macet, Pertamina Tambah SPBU Kantong di Pantura

Ilustrasi Mobil Tangki BBM Pertamina.
Sumber :

VIVA.co.id - PT Pertamina menambah lima stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Kantong di jalur Pantai Utara Jawa (Pantura), saat arus mudik Lebaran 2015 nanti.

Sering Gonta-ganti Bensin, Bahaya Tidak?

Kebijakan itu dilakukan sebagai upaya antisipasi sulitnya distribusi BBM di wilayah rawan kemacetan, saat arus mudik di Jawa Tengah. SPBU Kantong disiapkan sejak H-10 sampai H+10 Lebaran nanti.

"Kami tambah SPBU Kantong dari awalnya 19 titik menjadi 24 titik selama arus mudik Lebaran," jelas Manager External Relation Pertamina MOR IV, Roberth MV Dumatubun di Terminal BBM Pengapon Semarang, Rabu 8 Juli 2015.

Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE

Robert menambahkan, langkah lain untuk mengurai kemacetan dan kerawanan bencana di sejumlah SPBU Jateng, adalah dengan menyediakan Pertamax kemasan.

Tujuannya adalah, agar para pemudik yang membutuhkan bahan bakar minyak (BBM) dalam waktu cepat tidak perlu mengantri di SPBU.

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE

"Jadi, pembelian lebih cepat dan bisa untuk stok saat perjalanan, " kata dia.

Dijelaskan Robert, sebanyak 24 SPBU Kantong yang disiapkan terbagi menjadi tiga lokasi utama. Di antaranya, 12 tempat di Jalur Pantura yakni di Batang, Pemalang, Pati, Tegal, Brebes, Pekalongan, Rembang, dan Grobogan.

Selanjutnya, tiga di Jalur Tengah, yakni Kabupaten Semarang, Magelang dan Boyolali. Sembilan di Jalur Selatan Brebes, Banyumas, Sragen, Kulon Progo, Wonogiri, Sukoharjo, dan Gunung Kidul.

"Untuk jumlah SPBU kantong di masing-masing lokasi ini berbeda-beda. Ini baru langkah awal untuk antisipasi kesulitan distribusi BBM, " imbuh Robert.

Sejumlah daerah rawan kemacetan yang ditengarai akan berdampak pada kelangkaan BBM saat mudik ini antara lain, Di ruas Krapyak, Kota Semarang. Ruas Pantura Kabupaten Batang, Ruas Genuk-Demak dan Welahan, Kabupaten Jepara, dan wilayah Genuk-Demak. (asp)

Terakhir, di wilayah Pintu keluar  tol Cikopo-Palimanan seperti Brebes, Tegal dan Pemalang.

Tujuan lain penambahan SPBU Kantong ini, adalah  untuk mengantisipasi SPBU yang terletak di wilayah rawan bencana di wilayah Jawa Tengah. Seperti  di titik Sukorejo (Weleri barat- Selatan) dan Bandungan (Ambarawa-Sumowono), Kabupaten Semarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya