IMF Ingatkan The Fed Tunda Kenaikan Suku Bunga hingga 2016

Ilustrasi pertemuan IMF.
Sumber :
  • REUTERS/Jonathan Ernst
VIVA.co.id
Dampak Brexit Terus Ciptakan Ketidakpastian Ekonomi
- Dana Moneter Internasional (IMF) telah memperingatkan Federal Reserve, bank sentral Amerika Serikat, untuk tidak menaikkan suku bunganya tahun ini.

Menko Darmin Antisipasi Proyeksi Muram IMF

Dikutip dari laman
'Ekonomi Lebih Stabil, Bank Besar Masih Berisiko Sistemik'
BBC , Rabu 8 Juli 2015, menurut IMF, kenaikan suku bunga The Fed akan menambah ancaman ekonomi dan politik negara-negara berkembang. Bahkan, untuk pertumbuhan ekonomi AS sendiri.


Pernyataan tersebut, disampaikan IMF dalam sebuah pemeriksaan kesehatan negara dengan ekonomi terbesar di dunia.


Banyak ekonom, sebelumnya memang telah memperkirakan The Fed akan menaikkan suku bunganya pada September tahun ini. Meskipun, ada beberapa data ekonomi dan pekerjaan yang baru-baru ini kurang memuaskan pasar.


IMF mengungkapkan, kenaikan suku bunga akan menyebabkan kenaikan berlebih nilai tukar dolar AS. IMF menyebut, hal itu bisa berdampak sangat signifikan bagi negara-negara berkembang.


Selama 12 bulan terakhir, nilai tukar dolar AS meningkat rata-rata sekitar 20 persen terhadap beberapa mata uang dunia.


IMF mendesak The Fed menaikkan suku bunganya pada semester pertama 2016 dan dilakukan secara bertahap.


Sementara itu, Ketua Federal Reserve, Janet Yellen, mengatakan kenaikan suku bunga akan dilakukan secara bertahap. Bulan lalu, The Fed mengisyaratkan bahwa kenaikan suku bunga akan dilakukan tahun ini.


IMF juga memperingatkan The Fed bahwa jika kenaikan suku bunga dilakukan tahun ini bisa meningkatkan risiko pasar saham AS.


Menurut, lembaga keuangan internasional itu, indeks utama Wall Street diperkirakan sulit untuk mempertahankan keuntungan, menyusul baru-baru ini indeks turun dari rekor tertingginya.


IMF menyoroti risiko aksi jual yang dilakukan investor, karena panik dan reksa dana dipaksa untuk dijual karena ambruknya pasar saham. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya