Tujuh Cara Atasi Kulit Kusam

Ilustrasi perawatan wajah
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Terkadang memakai pakaian bagus tidak akan cukup untuk membuat penampilan terlihat sempurna. Perlu adanya usaha lain untuk mengatasinya, terutama bagi seseorang yang memiliki kulit wajah yang kusam. Wajah kusam dapat merusak rasa percaya diri.

Enam Hal yang Bikin Kulit Pria Tampak Kusam

Pada dasarnya tubuh manusia sudah mempunyai mekanisme regenerasi terhadap kulit. Dengan kata lain, tubuh kita mampu mengembalikan kulit kusam menjadi kembali segar dan indah. Berikut ini beberapa cara mengatasi kulit kusam seperti dilansir dari Boldsky:

Pengelupasan

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Salah satu cara terbaik untuk mengobati kulit kusam adalah pengelupasan kulit secara teratur. Debu dan sel kulit mati bisa tersimpan pada lapisan atas kulit sehingga dapat membuat terjadinya jerawat. Pengelupasan kulit yang baik adalah saat malam hari karena kondisi kulit sedang istirahat.

Asupan cairan

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Jika Anda ingin mengobati kulit kusam, sebaiknya tingkatkan asupan cairan. Apapun makanan yang Anda makan sehari-hari, sejumlah racun dalam tubuh akan menyebabkan kerusakan kulit. Perbanyaklah konsumsi air, buah-buahan, air kelapa, teh hijau, dan lain-lain. Melakukan hal ini adalah salah satu cara termudah untuk menyingkirkan kulit kusam.

Ubah pola makan 

Kebiasaan mengonsumsi makanan pengawet dapat membuat kerusakan pada kulit. Sebaiknya jauhi makanan, seperti mi, goreng-gorengan dan minuman berkafein. Perbanyaklah konsumsi buah-buahan dan sayuran sebagai anti-oksidan. Selain itu, vitamin dan nutrisi lainnya dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan membantu menjaga cahaya alami.

Hindari rokok dan alkohol

Kedua kebiasaan tersebut dapat menjadi racun bagi kulit Anda. Terlalu banyak konsumsi alkohol dan merokok dapat membuat kering kulit Anda, dan membuatnya kusam dan tak bernyawa. Jika Anda  menghindari kedua hal itu kemungkinan akan mengurangi frekuensi.

Tidur nyenyak

Salah satu keharusan untuk membuat kulit Anda terlihat sehat adalah dengan tidur yang cukup. Anda harus memiliki setidaknya delapan jam tidur setiap hari. Seperti pikiran dan otak, kulit Anda juga memerlukan istirahat yang cukup. Jadi biasakan tidur lebih awal dan bangun lebih awal juga. Dengan cara ini, kulit Anda akan lebih bercahaya.

Olahraga

Olahraga tidak hanya mengencangkan tubuh Anda, kebiasaan latihan yang teratur dapat membuat kulit Anda terlihat mengkilap. Jika Anda berolahraga secara teratur, sistem pencernaan Anda akan bekerja secara efektif. Akibatnya, kotoran akan dibuang lebih baik melalui keringat. Setidaknya lakukanlah setengah jam latihan secara teratur.

Masker lidah buaya

Salah satu cara yang paling bermanfaat untuk mengobati kulit kusam adalah dengan masker. Jika kulit Anda berminyak, lidah buaya adalah hal yang Anda butuhkan. Buatlah masker dengan jus lidah yang dicampur madu, lalu terapkan seminggu sekali. Dengan hal ini kulit berminyak dan kusam akan hilang selamanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya