Menjelajahi Kota Batman di Turki

Ibukota provinsi Batman ini terletak di wilayah Anatolia, Turki Tenggara.
Sumber :
  • Amusing Planet
VIVA.co.id
Pemalang Siap Tawarkan Desa Wisata Cikendung
- Siapapun pasti mengenal Batman, tokoh pahlawan populer di kota Gotham yang selalu membasmi kejahatan. Namun, tahukah Anda bahwa ada kota dengan nama serupa pahlawan bertopeng ini?

Jemput Wisatawan, Pemalang Akan Bangun Bandara
Kota Batman yang juga ibukota provinsi Batman ini terletak di wilayah Anatolia, Turki Tenggara. Kota ini berada di dataran tinggi dekat pertemuan sungai Batman dan Tigris. Jangan terkecoh dengan nama, kota ini tidak ada hubungan atau inspirasi dari karakter pahlawan dari kelelawar tersebut.

Menilik Keindahan Tempat Wisata di Pemalang
Dilansir dari Amusing Planet, Batman awalnya merupakan desa kecil bernama Iluh dengan populasi 3.000 orang. Penemuan tambang minyak di sekitar Iluh di tahun 1940-an, membuat pertumbuhan wilayah ini pesat dan pertumbuhan penduduk meningkat selama beberapa dekade.

Kemudian pada tahun 1957, desa ini mengadopsi nama Batman setelah sungai Batman mengalir di dekat kota tersebut. Sebenarnya, di masa lalu, sungai itu dikenal sebagai Kalat yang berarti pengantin. Kemudian diterjemahkan dalam bahasa Yunani sebagai Nymphius.

Beberapa orang memanggil Nymhius sebagai Batman dan itu terjadi pada abad ke-19. Kemudian muncul pertama dalam literatur internasional.

Ada pula cerita lain yang menyebut bahwa nama Batman hadir dari bentuk singkatan “Bati Raman”, sebuah gunung di dekat kota. Dalam bahasa Turki, Bati berarti barat sementara Raman berarti sukacita.

Adanya kesamaan nama kota dengan karakter komik, pada 2008 Walikota Batman mengumumkan bahwa ia berencana menuntut Warner Bros dan Christopher Nolan sebagai sutradara dari fim trilogi The Dark Knight, karena menggunakan nama Batman dalam film tanpa permisi.

“Hanya ada satu Batman di dunia, para produser Amerika menggunakan nama kota kami tanpa memberitahu kami sebelumnya,” ujar dia.

Meski begitu, komik Batman pertama kali muncul pada 1939, lebih tua dua dekade sebelum kota ini menggunakan nama Batman.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya