Rumus Sukses Berbisnis

Ilustrasi bisnis
Sumber :
  • Halomoney
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Kata “bisnis” saat ini bukan hanya milik direktur atau pebisnis kelas kakap. Kini, mahasiswa, ibu rumah tangga, penyandang disabilitas hingga anak usia belasan pun bisa melakukan bisnis. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Kondisi ini dimungkinkan karena makin majunya teknologi internet ditambah perspektif baru, bahwa aktivitas bisnis tidak perlu hanya di kantoran karena bisa juga dilakukan di rumah.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Berbisnis bukan berarti menikmati hasilnya saja tanpa kerja keras. Berbisnis berarti Anda harus siap mengorbankan waktu, tenaga juga modal. Belum lagi kegagalan demi kegagalan apabila usaha yang Anda jalankan tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan. 

Sudah ada beberapa rumus untuk sukses berbisnis berdasarkan pengalaman yang sudah teruji ruang dan waktu. Beberapa di antaranya adalah:

1. Menentukan jenis bisnis

Ini merupakan langkah awal bagi Anda yang akan memulai berbisnis. Anda harus bisa menentukan jenis bisnis yang sesuai dengan keahlian yang Anda miliki. Jangan sampai kamu langsung berbisnis dalam bidang yang tidak Anda diketahui atau kuasai sama sekali atau hanya karena ikut-ikutan teman yang sudah duluan sukses di bisnis tersebut.

Anda juga harus mencari alasan kenapa bisnis yang Anda pilih dan tekuni, termasuk juga langkah-langkah yang harus diambil. Alasan itu akan menjadi dasar semangat Anda. 

Mintalah masukan dari orang yang sudah melakukan jenis bisnis yang sama. Anda juga bisa mencari segala informasi lewat internet untuk mendukung usaha Anda.

2. Banyak membaca

Dengan membaca Anda dapat mendapatkan segala macam ilmu yang dibutuhkan. Buku adalah jendela dunia, dalam buku Anda bisa mempelajari segala sesuatu tak terkecuali ilmu tentang bisnis. Gemar membaca merupakankan salah satu faktor dari kesuksesan. Jadi perbanyaklah membaca buku apapun bila Anda ingin meraih kesuksesan.  

3. Membuat jaringan

Punya banyak teman dan kenalan bisa membuat Anda menjadi pengusaha sukses. Pastikan Anda memiliki banyak jaringan yang akan memperkuat bisnis yang akan Anda jalankan. Gunakan secara maksimal sosial media untuk mencari teman yang punya minat sama soal bisnis, atau teman untuk target bisnis Anda. Sesekali Anda  bisa mengunjungi seminar untuk menambah ilmu sekaligus membuka jaringan baru.

4. Jangan pernah menunda

Orang sukses tak pernah menunda apa yang akan dilakukan, apalagi jika sudah memiliki ide. Segera merealisasikan ide tersebut secepat yang Anda bisa. Dengan tidak menunda Anda berarti telah berusaha untuk meraih sukses.

5. Bekerja keras

Memutuskan untuk berbisnis berarti Anda harus siap bekerja keras dan akan menghadapi segara risiko yang mungkin dihadapi. Kesiapan mental untuk bekerja keras ini harus ada untuk kelancaran bisnis Anda. Jangan sampai bisnis sudah dijalankan dan belum sukses, tetapi Anda sudah duluan malas untuk melanjutkannya.

6. Lokasi yang tepat

Hal ini merupakan salah satu faktor yang membuat berhasil dalam usaha yang Anda jalani. Sesuaikan lokasi dengan bisnis yang Anda jalani. Misalnya usaha Anda adalah usaha kuliner untuk mahasiswa. Lokasi yang cocok bisa di dekat kampus. 

Meskipun demikian, dengan canggihnya teknologi internet, faktor lokasi tidak lagi hal yang penting karena bisnis Anda tetap bisa dikenal dengan promosi gencar di sosial media seperti facebook, path, instagram dan twitter.

7. Teknologi

Ini zaman teknologi Bung, siapa yang tak mengikuti akan tergerus zaman. Percaya atau tidak, bahwa teknologi selalu membantu kehidupan manusia setiap harinya.  Alangkah baiknya Anda mempelajari teknologi sebanyak mungkin untuk mendukung kelancaran bisnis yang Anda jalani. 

8. Optimis

Sifat inilah yang kamu butuhkan dalam menjalani bisnis yang Anda rintis. Jangan pernah memiliki sifat pesimis apalagi putus asa karena merupakan musuh besar meraih kesuksesan. Anda harus selalu memiliki sifat optimis dan yakinlah bahwa Anda bisa meraih cita-cita selama ini. 

9. Mencari pendanaan

Ketika akan memulai bisnis, pendanaan adalah salah satu kendala yang sering dihadapi. Untuk pebisnis pemula, biasanya masih menggunakan uang pribadi atau pinjaman dari orangtua maupun keluarga untuk memulai bisnis. Namun, Anda juga dapat mendapatkan pendanaan dari bank melalui pinjaman kredit usaha, atau kredit tanpa agunan. 

Untuk kredit usaha, biasanya bank lebih menyukai pebisnis yang sudah menjalankan bisnisnya selama beberapa tahun. Bagi Anda yang pemula, Anda bisa mengajukan kredit tanpa agunan (KTA). 

Apabila sebelumnya Anda sudah memiliki kartu kredit, maka akan lebih mudah untuk Anda mendapatkan pinjaman KTA. Ketahui berbagai produk pinjaman KTA yang ada di Indonesia serta berbagai persyaratannya disini.

Semoga tips ini membantu kamu semakin yakin memulai usaha ya!
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya