Tekan Harga Daging, Komisi IV Dukung Operasi Pasar

Komisi IV DPR RI kunjungan kerja ke Rumah Potong Hewan (RPH), Cibitung
Sumber :

VIVA.co.id - Komisi IV DPR RI mendukung upaya pemerintah melakukan operasi pasar untuk mengembalikan harga daging ke harga yang lebih wajar. Kementerian Pertanian diharapkan dapat membangun sinergi dengan Bulog dan perusahaan BUMN PT Berdikari dalam melaksanakan upaya ini.

“Kita berharap dengan turunnya pemerintah melakukan operasi pasar, dimotori Bulog dan didukung PT Berdikari dengan menjual daging Rp87.000/kg bisa menstabilkan harga secara psikologis,” kata Ketua Komisi IV Edhy Prabowo saat memimpin kunjungan kerja ke Rumah Potong Hewan (RPH), Cibitung, Jawa Barat, Rabu 8 Juli 2015.

Ia menambahkan harga daging di pasaran sejauh ini tercatat Rp120.000/kg sama dengan harga tahun lalu. Ia berharap kegiatan operasi pasar yang konsisten, harga daging dalam negeri yang masuk kategori termahal di dunia bisa ditekan sampai mencapai titik normal.

Wakil rakyat dari dapil Sumsel I ini memaparkan Komisi IV telah menyepakati sejumlah kebijakan diantaranya anggaran yang mendorong upaya swasembada sapi, impor diutamakan pada sapi indukan, mendukung kebijakan larangan ekspor sperma beku bakal anakan agar sebesar-besarnya digunakan untuk keperluan dalam negeri.

Bicara pada kesempatan yang sama anggota Tim Kunker Agustina Wilujeng Pramestuti dari FPDIP menyambut baik kebijakan Menteri Pertanian untuk menggandeng PT Berdikari dalam operasi pasar daging. “Semua potensi harus kita jawillah untuk mendukung, jadi apapun yang berhubungan dengan pemerintahan, perdagangan pangan, stok, supply harus diajak serta, termasuk Berdikari,” tekannya.

Sementara Susi Syahdona Marleny Bachsin dari FP Gerindra menyebut PT Berdikari adalah BUMN yang seharusnya sejak awal diberdayakan. DPR menurutnya siap mendukung anggaran agar peran Berdikasi bisa lebih dioptimalkan. “Kita apresiasi peran Berdikari dalam operasi pasar, kenapa baru sekarang ya?” tutur dia.

Bersama tim kunker, Susi meninjau sejumlah fasilitas pemotongan dan pemrosesan daging PT Berdikari yang menurutnya cukup modern. Saat memasuki ruangan pemrosesan seluruh pengunjung yang masuk diminta mengenakan pakaian khusus, sepatu bot, masker dan penutup rambut agar ruangan pengolahan tetap terjaga higienitasnya.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang mendampingi kunjungan menjelaskan menjelang Lebaran nanti PT Berdikari diminta memasok 300-500 ton daging ke Bulog untuk kegiatan operasi pasar. Daging berasal dari sapi lokal dan sapi Brahman yang diimpor dari Australia. (www.dpr.go.id)

Anggota Komisi VII DPR RI Aryo Djojohadikusumo

Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina

Demi mencapai kedaulatan energi.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016