Ketua DPR: Hormati Putusan MK soal Petahana

Ketua DPR RI Setya Novanto
Sumber :

VIVA.co.id - Ketua DPR RI Setya Novanto menyerukan semua pihak untuk menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal dihapusnya larangan keluarga petahana untuk ikut mencalonkan diri dalam pilkada. Ini babak baru dalam menghadapi pilkada serentak pada Desember 2015.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

“Saya harapkan seluruh masyarakat untuk tenang dan mengikuti apa yang sudah diputuskan MK ini. Dan saya yakin dengan putusan ini semuanya berjalan dengan baik. Seluruh daerah sudah punya calon untuk pilkada. Kalau seperti itu putusannya kita harus hormati dan mengikuti,” kata Novanto pada Rabu malam, 8 Juli 2015 di Gedung DPR.

Sebelumnya, sidang MK yang dipimpin Ketua MK Arif Hidayat telah membatalkan pasal 7 huruf r UU No.8/2015 tentang Pilkada yang isinya melarang ada konflik kepentingan dengan petahana. Dengan putusan MK ini, keluarga dan kerabat petahana bebas mencalonkan diri untuk ikut serta dalam kontestasi pilkada.

“Dengan putusan MK ini semua harus mengikuti, tidak terkecuali. Semua peserta pilkada bisa mengikuti secara seksama,” tutur Novanto. Betapa pun putusan MK bertentangan dengan DPR, menurut politisi Partai Golkar itu, MK sebagai lembaga terhormat harus dihargai dan diapresiasi.

“Kita tidak bisa lagi meneruskan (aturan soal petahana). Sebaliknya, kita harus ikuti dan mengapresiasi apa yang diputuskan oleh MK," katanya.

Novanto yang ditemui wartawan usai acara buka puasa bersama pimpinan DPR RI dengan pemimpin redaksi dan Koordinatoriat Wartawan Parlemen, ingin agar insan pers juga ikut menjaga kesejukan berdemokrasi di daerah. Acara ini merupakan bentuk silaturahmi pimpinan DPR dengan pers untuk menyamakan persepsi soal demokrasi dan DPR.

“Buka puasa bersama dengan para wartawan merupakan bentuk silaturahmi antara pimpinan DPR dan insan pers. Ke depan kita tingkatkan ikatan batin bersama," ujarnya.

PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI

"DPR dan wartawan ingin lembaga DPR makin baik dan mutu demokrasi juga semakin terjaga. Kita harapkan hubungan ini tetap terpelihara. Bukan untuk kepentingan DPR, tapi kepentingan wartawan itu sendiri, supaya bisa semuanya memberi arti. Wartawan bisa memberikan sumbangsih untuk kepentingan bangsa dan negara ke depan,” harapnya. (www.dpr.go.id)

Anggota Komisi VII DPR RI Aryo Djojohadikusumo

Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina

Demi mencapai kedaulatan energi.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016