Mudik Pakai Mobil, Ini Beban Maksimal Agar Aman di Jalan

Barang bawaan mudik.
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id - Mudik Lebaran merupakan tradisi yang mendarah daging bagi sejumlah masyarakat di Tanah Air. Untuk tetap sampai ke kampung halaman, berbagai cara pun ditempuh.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Tak hanya menggunakan sarana angkutan umum, para pemudik juga biasanya lebih memilih menggunakan mobil pribadi dengan sejumlah pertimbangan.

Namun, pemandangan yang kerap ditemui jika pemudik menggunakan kendaraan pribadi adalah beban barang bawaan saat melakukan perjalanan jauh.

Menurut Deputy General Manager Service & Spareparts 4W, 2W Suzuki Indomobil Sales (SIS), Riecky Patrayudha, beban berlebihan pada kendaraan sangat berisiko buruk dan berpotensi kecelakaan.

“Beban yang sarankan itu paling maksimal hanya 60 kilogram, tidak boleh lebih dari itu. Karena beban yang berlebihan dapat mengganggu, saat kita melakukan perjalanan, terlebih apabila perjalanan yang kita lakukan cukup jauh,” ujarnya, saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Selain itu, Riecky juga mengatakan, beban berlebih bakal membuat performa mobil tak maksimal dan cenderung loyo tak bertenaga. Beban tersebut, juga bisa membuat mobil hilang keseimbangan, terlebih saat memacu kendaraan pada kecepatan tinggi.

“Perhatikan beban yang sering ditaruh di atap mobil, jangan sampai beban tersebut justru mengganggu perjalanan, terlebih mengancam keselamatan berkendara,” tambahnya. (asp)

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017