Bali Tawarkan Wisata Spiritual

Taman Ujung, Karangasem, Bali.
Sumber :
  • Antara/ Nyoman Budhiana

VIVA.co.id - Pulau Bali menjadi tempat tujuan wisata favorit masyarakat Indonesia. Keindahan Bali juga memikat para turis luar negeri.

Banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di Pulau Dewata itu. Salah satunya, Kabupaten Badung dan Karangasem. Bila Kabupaten Badung terkenal dengan Pariwisata Pantai, maka Kabupaten Karangasem mulai membranding dirinya menjadikan 'Pariwisata Spiritual'.

Alasan Mengejutkan Mengapa Turis Asing Suka ke Bali

Hal ini diakui oleh Ni Made Sumiati, tokoh masyarakat Karangasem, yang juga anggota DPRD setempat.

"Alam Bali memang indah, tapi yang lebih indah lagi adalah kedalaman spiritual orang Bali. Di sini kita mengenalkan bahwa dengan spiritual Bali yang mendalam, kita bisa menata lingkungan, menata adat, memegang kuat aturan-aturan hidup," kata Sumiati dalam keterangan tertulisnya kepada VIVA.co.id, Kamis 9 Juli 2015.

Namun lanjut Sumiati, pariwisata spiritual tetap bukanlah satu-satunya yang diangkat di Karangasem, tapi ada banyak hal menarik lainnya yang bisa dijadikan objek wisata. Tapi, menurutnya, Karangasem akan menjadi sebuah contoh kabupaten yang ramah anak, dan ramah kesehatan.

Di sisi lain, Ramia Adnyana, selaku tokoh muda Bali yang juga praktisi dalam dunia Pariwisata menjelaskan bahwa Karangasem merupakan kabupaten di Bali yang mulai menggeliat. Ini mengiringi dinamika tiga kabupaten di Bali yang juga dikenal dalam dunia pariwisata seperti Kabupaten Badung, Kabupaten Tabanan dan Kabupaten Gianyar.

"Hanya saja Karangasem memang melakukan diferensiasi atas pariwisatanya. Sebagai kota yang kaya warisan sejarah Kerajaan Bali di masa silam, Karangasem memiliki banyak kelebihan berupa situs-situs peninggalan sejarah," tutur Ramia.

Bahkan menurutnya, Karangasem bisa dikatakan sebagai pintu timur Bali. Potensi terbesar yang menjadi  andalan, salah satunya, Pelabuhan Kapal Pesiar di Pelabuhan Padang Bai dan Pelabuhan Tanah Ampo.

Potensi Pariwisata Kapal Pesiar ini akan merunut pada jalur Singapura-Jakarta-Karangasem. "Di sekitar pelabuhan juga ada pembangunan resort-resort yang nyaman, ini jelas mendorong perekonomian Karangasem," lanjut Ramia.

Menurut Ramia, tiga bagian penting, seperti Wisata Spiritual, Wisata Desa dan Wisata Laut adalah segitiga besi dunia pariwisata Karangasem. "Kalau ini dimajukan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Karangasem meningkat. Itulah yang menjadi ukuran-ukuran kita," ujar dia. (ren)

Ubud, Kabupaten Gianyar, Pulau Bali

Tujuh Tempat Wisata Terbaik di Gianyar, Pulau Bali

Bali, memang tempatnya wisata alam yang memesona untuk dinikmati.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016