Mau Mudik? Persiapkan Lima Anggaran Ini

Ilustrasi mudik Lebaran.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Buat Anda yang hidup diperantauan, momen mudik Lebaran pasti sangat dinantikan. Keinginan bertemu keluarga dan kampung halaman menjadi hari yang ditunggu. 

Sebelum waktunya tiba, Anda harus memiliki persiapan yang matang, supaya mudik jadi tenang dan menyenangkan. Terutama, hal yang dipersiapkan adalah tentang budget (anggaran) mudik.

Seringkali, hal penting yang satu ini jadi terlupakan, karena sudah sangat bersemangat untuk mudik. Tetapi, jika Anda tidak mempersiapkan perencanaan bujet dengan baik, mudik malah bikin Anda bangkrut. Jadi, persiapkan lima budget ini untuk mudik Lebaran, agar tenang dan menyenangkan.

1. Anggaran akomodasi

Budget pertama yang harus dipersiapkan sebelum mudik adalah akomodasi. Transportasi apa yang akan dipakai akan sangat berpengaruh pada besaran budget yang perlu disiapkan.

Harga tiket transportasi menjelang dan pada saat hari H Lebaran akan melonjak tajam, sehingga jika Anda berencana pulang kampung naik transportasi umum, kamu sudah harus mempersiapkan pembeliannya sejak jauh hari.

Tentang hal akomodasi, Anda harus bisa berpikir panjang, jadi akan lebih baik jika membeli tiket pergi dan pulang secara langsung di awal. Dengan cara ini, harga tiket bisa jadi lebih murah dan kamu tidak akan kehabisan tiket nantinya.

Baca Juga: 5 Tips Agar Mudik Naik Pesawat Jadi Murah

2.    Kendaraan pribadi

Budget ini perlu disiapkan kalau Anda sudah memutuskan untuk pulang kampung naik kendaraan pribadi.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Mudik naik kendaraan pribadi memang terasa lebih nyaman, karena tidak harus berdesak-desakan dengan orang lain, namun sisi buruknya adalah Anda harus mengendarai sendiri.

Sebelum mudik dengan kendaraan pribadi, selain mempersiapkan kondisi kendaraan, kamu juga harus mempersiapkan budget pengeluaran untuk bahan bakar, konsumsi selama perjalanan, biaya tol, biaya parkir, dan kemungkinan terjadi musibah.

Mesin ATM tidak selalu tersedia di sepanjang jalan menuju kampung halaman, jadi sebaiknya siapkan uang tuani yang cukup untuk persediaan selama perjalanan. 

Jika Anda mau menghemat budget untuk hal ini, ajaklah teman-teman yang sekampung untuk mudik bareng. Biaya perjalanan itu bisa Anda bagi bersama, selain itu Anda juga tidak akan bosan selama perjalanan.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

3. Biaya hiburan selama mudik

Setelah mengumpulkan banyak uang, mudik Lebaran pasti akan digunakan untuk menyenangkan keluarga. Untuk mewujudkannya, Anda akan membutuhkan biaya.

Budget untuk pos ini, seringkali dilupakan, atau kadang diabaikan. Padahal, pengeluaran terbesar selama mudik umumnya terletak pada pos yang satu ini.
Jika Anda tidak memiliki pengaturan budget yang jelas, keuangan Anda bisa jadi keteteran nantinya.

Manfaat dan Risiko Investasi Obligasi

Menentukan budget untuk biaya hiburan memang sulit, karena hal ini tidak bisa kamu rencanakan dengan pasti berapa pengeluarannya kelak, tetapi Anda tetap harus bisa melakukannya.

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menentukan berapa budget yang bisa dipakai untuk biaya hiburan selama satu hari, lalu hitung berapa lama Anda akan berada di kampung halaman. Itulah budget biaya hiburan selama mudik.

4. Bagi-bagi THR

Buat kamu yang sudah bekerja, rasanya sudah menjadi kewajibanmu untuk membagikan THR kepada sanak keluarga. Untuk merencanakan bujet di pos ini akan mudah untuk dilakukan, karena kamu bisa menghitung dengan jelas.

Besaran THR ini bisa kamu sesuaikan dengan kondisi keuangan, jadi persiapkan dan hitung dengan seksama keuangan Anda, agar tidak menyusahkan. Tetapi, jangan sampai melakukan ini dengan terpaksaya, berbagilah dengan tulus dan ikhlas kepada orang lain.

Baca Juga: Agar Bermanfaat, Utamakan THR Untuk Hal-Hal Berikut

5. Oleh-Oleh

Kayaknya kurang afdol kalau setelah balik dari kampung halaman, kamu tidak membawa oleh-oleh untuk rekan kerjamu. Jadi, budget untuk oleh-oleh juga harus dipersiapkan. Agar perencanaan budget jadi lebih mudah, sebaiknya buatlah daftar siapa yang akan Anda belikan oleh-oleh.

Persiapkan budget, pengeluaran jadi jelas

Tentunya, Anda tidak ingin mudik menjadi momen kebangkrutan. Jadi, persiapkan budget mudik Lebaran dengan matang dan teliti, agar pengeluaran selama mudik jelas. Dengan memiliki perencanaan budget yang matang, Anda juga bisa lebih mempersiapkan kehidupan usai mudik Lebaran.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Orang Yang Punya Kestabilan Finansial

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya