Harga Minyak Dunia Turun Dipicu Pelemahan Permintaan

Sumber :
  • Forbes
VIVA.co.id
Stok Minyak Dunia Melimpah, Harga Terus Jatuh
- Harga minyak pada perdagangan, Senin 13 Juli 2015, turun. Hal itu, dipicu melemahnya sisi permintaan minyak dari Tiongkok dan Eropa, serta Iran yang berpotensi menambah pasokan minyak global. 

OPEC Berencana Tahan Pasokan, Harga Minyak Naik
Dikutip dari Reuters, minyak mentah Amerika Serikat (AS), WTI, turun sekitar 90 sen di US$51,83 per barel pada Senin. Sementara itu, minyak mentah Brent turun satu dolar ke US$57,74 per barel.

Persediaan AS Turun, Harga Minyak Dunia Merangkak Naik
Analis memprediksi harga minyak akan turun lebih jauh, didorong oleh harapan bahwa enam negara kekuatan dunia sepakat memperlunak sanksi ekonomi Iran, sebagai imbalan negara itu membatasi program nuklirnya. Kesepakatan itu akan memicu Iran meningkatkan ekspor minyaknya. 

Para investor juga mengawasi negosiasi utang Yunani yang masih belum menghasilkan resolusi untuk mencegah negara itu dari kebangkrutan. 

Badan Energi Internasional (IEA) sudah menurunkan perkiraan harga minyak mereka. "Batas bawah dari harga pasar masih mungkin terjadi di depan," kata IEA. 

Commerzbank menyatakan, kembalinya Iran dalam pasar minyak global bisa menambah pasokan minyak dunia 1,5 - 2 juta barel per hari. Itu bisa menyebabkan harga minyak dunia anjlok di bawah US$55 per barel. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya