Sembilan Alasan Mengapa Harus Pilih KTA

Ilustrasi uang rupiah
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Saat ini Kredit Tanpa Agunan (KTA) menjadi produk idola bank dan lembaga keuangan lainnya karena diminati banyak orang. KTA menjadi target bagi orang-orang yang memerlukan modal usaha, modal sekolah bahkan untuk uang muka pembelian kendaraan bermotor.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Selama pihak peminjam memenuhi semua persyaratan, pastinya permohonan KTA itu akan diberikan.

Beberapa persyaratan KTA juga mudah, misalnya mempunyai gaji di atas Upah Minimum Regional (UMR), dan juga pernah mempergunakan kredit dari bank sebelumnya. Tak heran bila Anda memiliki kartu kredit dan selalu patuh membayar tagihan tanpa pernah bermasalah, maka proses pencairan KTA akan lebih cepat.
Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Mengapa KTA begitu disukai para kreditor? Tentu saja karena KTA memiliki banyak keuntungan. Beberapa di antaranya dijelaskan di bawah ini:
Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Proses pencairan cepat

Kalau pinjaman lain bisa memakan waktu 15 hari kerja, atau bahkan lebih, KTA bisa cair dalam hitungan kurang dari sepekan. Selama Anda memenuhi persyaratan yang ditentukan, tidak ada halangan buat bank mencairkan dana yang kamu butuhkan.

Tanpa agunan

Yang namanya kredit tanpa agunan, Anda tidak perlu menjaminkan suatu barang sebagai jaminan untuk mendapatkan kredit. Sehingga KTA dianggap bisa memberikan kesempatan siapa pun untuk mendapatkan dana.

Memang bunga KTA lebih besar karena mencapai 10-23 persen, tergantung bank yang meminjamkan. Namun akses untuk mendapatkan bantuan pinjaman terbuka untuk siapa saja tanpa diskriminasi, sejauh dia memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan.

Dokumen tidak sebanyak pinjaman lain

Tentu saja bank meminta data pribadi Anda dan Anda harus mengisi sejumlah dokumen. Tetapi tetap saja dokumen yang dibutuhkan tidak sebanyak saat Anda memohon kredit dengan agunan atau kredit multiguna.

Bunganya flat

Berbeda dengan kredit dengan agunan, KTA ternyata memiliki bunga flat alias tidak akan terpengaruh dengan fluktuatifnya bunga dari Bank Indonesia.

Jadi Anda tidak perlu deg-degan setiap kali ada informasi kalau Bank Indonesia akan menaikkan tingkat suku bunga beberapa basis poin lagi. Sehingga pengembalian pinjaman KTA tentu saja akan jauh lebih aman dibanding pinjaman kredit lainnya.

Pembayaran mudah

Saat membayar cicilan KTA, Anda dipermudah dengan fasilitas yang diberikan bank. Sehingga cicilan bisa dibayar melalai Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Ada juga sistem pembayaran dengan cara auto debit dimana bank akan memotong sejumlah dana dalam rekening Anda untuk membayar KTA. Cara auto debit ini lebih baik bila Anda termasuk orang yang pelupa atau terlalu sibuk. Jadi bisa menghindari denda keterlambatan pembayaran.

Bisa digunakan dengan bermacam tujuan 

KTA bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk menikah, merenovasi rumah, sekolah dan juga untuk modal usaha.  Tujuan dari peminjaman juga diatur sendiri oleh pemohon dan bank tidak akan turut campur.

Yang paling penting untuk bank adalah, peminjam harus membayar cicilan sampai menyelesaikan tenor yang sudah ditentukan.

KTA juga dikeluarkan oleh lembaga keuangan

Selain bank, Anda bisa mendapatkan pinjaman KTA dari lembaga keuangan swasta yang cukup banyak saat ini. Bunganya tentu berbeda-beda meskipun persyaratannya nyaris sama.

Direkomendasikan untuk melakukan perbandingan bunga pinjaman KTA untuk mendapatkan bunga terendah dan lebih menguntungkan.

Tenor pinjaman pendek

KTA memiliki tenor pinjaman yang lebih pendek dibandingkan kredit lain. Tenornya setahun hingga lima tahun, tergantung jumlah pinjamannya. Dengan tenor pendek ini, Anda tidak perlu terus menerus dikejar hutang, sebagaimana yang terjadi dengan pemohon kredit yang lain.

Kartu kredit sebagai rekomendasi

Anda memiliki kartu kredit dan selalu membayar tagihan pada waktunya? Nah memiliki kartu kredit ini akan lebih mempermudah Anda mendapatkan KTA.

Bank bisa melacak performa Anda membayar tagihan, dan kalau Anda sangat disiplin membayar dan tidak pernah punya masalah, KTA akan lebih mudah Anda dapatkan.

Dengan segala keuntungannya ini, KTA bisa jadi inspirasi Anda bila memerlukan dana cepat dan lebih mudah. 




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya