Belanja Lebaran Lebih Hemat, Begini Triknya

Belanja Lebaran di Pasar Tanah Abang
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Tanpa terasa Lebaran sudah masuk dalam hitungan hari. Kegiatan Anda sehari-hari membuat Anda terbawa suasana dan tanpa disadari sudah lebih dari setengah bulan puasa dilalui.

Berkumpul berasama keluarga dan saudara. Supaya lebih memaknai arti Lebaran, yaitu kembali ke fitri, Anda pasti ingin bertemu seluruh keluarga dengan penampilan yang baru dan bersih. Biasanya umat muslim sudah menganggarkan uang untuk membeli baju-baju baru khusus Lebaran.

Tetapi perlu diingat alangkah baiknya jika tidak menganggarkan terlalu banyak uang untuk mendapatkan baju-baju tersebut. Anda tetap harus berhemat supaya dana yang Anda punya tidak habis pada satu macam pengeluaran. Anda bisa menyisihkan dana untuk keperluan lain di hari raya nanti.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Apa saja yang perlu di perhatikan ketika mencari baju Lebaran? Ulasan dibawah ini mungkin bisa mengatur keuangan Anda.

1.    Jeli dengan lomba

Pada perayaan besar seperti Lebaran banyak toko dan butik yang mengadakan promo pada produk barang yang mereka jual, atau banyak juga yang memberikan produk secara gratis. Untuk itu Anda perlu lebih jeli mengetahui lomba-lomba semacam itu.

Anda hanya perlu memantau aktivitas sosial media dari akun-akun toko atau brand kesukaan Anda. Tidak ada salahnya Anda mencoba peruntungan. Siapa tahu mendapatkan baju baru tanpa harus mengeluarkan uang alias gratis.

2.   Datangi toko yang memberi diskon lebih

Tidak hanya mengadakan lomba, di event besar seperti Lebaran, biasanya toko-toko juga menggelar diskon pada barang-barang yang mereka jual. Program seperti ini sebaiknya jangan dilewatkan, dan ada baiknya juga Anda membeli di toko yang memberi diskon paling tinggi.

Perhatikan tanggal mereka mengadakan program diskon tersebut, jangan sampai Anda datang untuk berbelanja di hari yang salah. Tidak jarang pula mereka menggelar diskon yang hanya diadakan pada malam hari atau midnight sale.

3.  Jadikan pusat grosir sebagai pilihan berbelanja

Jangan pernah merasa gengsi membeli baju di pusat grosir. Sebenarnya, banyak barang-barang yang biasanya dilihat di department store merupakan koleksi pusat grosir.

Dijamin Anda akan menemukan baju yang tidak kalah bagusnya saat berbelanja di toko grosir. Karena di tempat tersebut,  selain Anda bisa melakukan tawar menawar dengan penjual, Anda juga bisa mendapatkan potongan harga jika membeli dalam jumlah tertentu.

Baca Juga: 10 Cara Mudah Mendapat Penghasilan Pasif
https://www.cermati.com/artikel/10-cara-mudah-mendapat-penghasilan-pasif


4.    Lebih selektif memilih barang yang akan dibeli

Berikan waktu khusus mencari barang-barang yang Anda inginkan untuk digunakan saat Lebaran nanti. Semisal di waktulibur Anda, gunakan waktu Anda seharian untuk mencari barang-barang itu.

Hal tersebut dilakukan agar Anda lebih selektif dan tidak memutuskan  membeli dengan terburu-buru. Hati-hati dalam memilih yang akan dibeli,
karena dengan begitu Anda akan bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebihmurah.

Baca juga: Mau Belanja Murah? Beli Private Label Aja
https://www.cermati.com/artikel/mau-belanja-murah-beli-private-label-aja

5. Koleksi lama tidak kalah bagus

Tidak ada salahnya jika di waktu luang, buka kembali lemari pakaian Anda. Mungkin  masih ada beberapa koleksi yang bagus, atau hanya perlu sedikit perbaikan.

Anda akan mendapatkan baju yang tidak kalah baiknya dengan baju baru. Hanya perlu membeli beberapa aksesoris pelengkap agar tetap tampil beda dengan pakaian yang sudah ada sebelumnya.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda bisa melakukan penghematan pada keuangan dan bisa mengalokasikan dana yang tadinya untuk membeli pakaian baru dengan membeli barang lainnya atau ditabung untuk keperluan masa depan.

Baca Juga: 5 Aplikasi Yang Mempermudah Kamu Mengelola Pengeluaran
https://www.cermati.com/artikel/5-aplikasi-yang-mempermudah-kamu-mengelola-pengeluaran

Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016