Perbedaan Konsep Memimpin Dalam Dunia Usaha

Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.
Sumber :
VIVA.co.id
Miliarder Sara Blakely Berbagi Nasihat Bisnis Terbaiknya
- Konsep memimpin organisasi dalam managemen berbeda dengan memimpin uang. Berikut ini sejumlah perbedaan antara konsep memimpin manajemen dengan memimpin uang. 

Tak Selesai Kuliah, Ahmed Haider Ciptakan Aplikasi Drone
1. Konsep memimpin manajemen bersifat direct leadership atau kepemimpinan langsung dilandasi otoritas. Sedangkan, konsep memimpin uang bersifat indirect leadership atau kepemimpinan tidak langsung dilandasi oleh empati.

Bos Sido Muncul: Pintar Bukan Jaminan Bisa Sukses
Misalnya begini, ada satu orang Anda ajak ngobrol, Anda kerjakan ini itu, gaji Anda Rp4 juta. Kalau kerja Anda baik, tahun depan mungkin naik menjadi Rp5 juta. Ini konsep manajemen

Ada lagi orang muda datang, pak saya ingin membangun Usaha. Bagaimana caranya. Usaha bagaimana yang baik untuk saya. Bagaimana cara mengembangkannya?

Nah kelihatan beda. Yang pertama oritentasinya tugas dan imbalan. Yang kedua orientasinya mengembangkan inisiatif. Beda bukan?

2. Konsep memimpin manajemen bersifat reward and punishment (penghargaan dan hukuman). Sedangkan, konsep memimpin uang bersifat edukatif dan expansif.

Begitu selesai Anda jelaskan kepada anak muda mengenai langkah-langkah penting memulai bisnis, dia langsung bertanya, apa tugas saya berikutnya?

Inisiatif uang adalah expansif. Dia ingin mengembang. Di matanya bukan uang gaji Rp4 juta tapi income (pendapatan) Rp70 juta di angan-angan.

3. Konsep memimpin manajemen berdasarkan job description. Sementara, konsep memimpin uang bersifat visi dan konsep.

Diskusi berlanjut, jadi kuncinya adalah bagaimana konsep bisnis bisa meraih tujuan misalnya bagaimana caranya mengumpulkan target masa depan.

Berapa harga Rumah? Bagaimana cara meraihnya? Jadi tidak dimulai dari job description. Namun konsep membangun bisnis.

4. Konsep memimpin manajemen berdasarkan cek dan kontrol. Sedangkan, konsep memimpin uang bersifat insentif dan inisiatif.

Setiap tahap dilakukan, mulai dari networking untuk mencari lokasi kerja sama. Lokasi usaha yang bagus namun berbasis profit sharing. Dasarnya adalah membangun ide. Bukan membayar sewa.

Uang menarik uang. Jangan mengharap anda bisa mengajak pemilik ruko dengan profit sharing. Nanti anda ditanya, kok enak?

Jadi ibarat menarik gajah liar, anda gunakan gajah jinak. Bila anda sudah punya gajah jinak, seratus gajah bisa anda ikatkan ke gajah jinak anda satu per satu.

Kalau sudah demikian orang muda yang membangun ide bisnisnya sudah berternak gajah. Paling dia laporan. "Pak gajah yang baru masuk Gede bener?"

Bagus. Kasih makan yang baik. Uang menarik uang

Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.

Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen. Buku terbaru MONEY INTELIGENT, Rahasia Kaya Mulai Berbisnis, dan seri Dua Rahasia Kaya Jangan Cintai Uang segera terbit di Gramedia bulan Juli 2015.

Buku "MONEY INTELLIGENT" disusun dari beberapa artikel yang tujuannya membangun spirit entrepreneur Indonesia. Beberapa konsep fundamental dibahas serta tips ide-ide singkat bagamana mencegah terjerat utang, bagaimana mencegah kesalahan sang entrepreneur dimaksudkan supaya ide entrepreneur dapat dibedah lebih dalam sehingga para pemain mengenali lapangan.

(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya