Jelang Lebaran, Harga Daging di Yogya Tak Terkendali

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
VIVA.co.id
Strategi Mendag Atasi Calo Daging Sapi
- Tiga hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, harga kebutuhan pokok di Yogyakarta terutama jenis daging dan cabai terus melambung.

Pengusaha Daging Permainkan Harga, Mendag Cabut Izin Usaha

Pantauan dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Pemda DIY, di sejumlah pasar tradisional di Yogyakarta seperti Pasar Demangan, Pasar Kranggan, dan Pasar Beringharjo untuk harga daging sapi murni merangkak dari Rp100 ribu per kilogram menjadi Rp102 ribu per kilogram.
Mendag: Pengusaha Boleh Ambil Untung Tapi Jangan Berlebihan


Harga daging sapi untuk rendang dari Rp92 ribu per kg menjadi Rp96 ribu per kg. Adapun harga cabai merah keriting dari Rp30 ribu menjadi Rp32 ribu per kg dan cabai rawit merah dari Rp31 ribu naik menjadi Rp36 ribu.


"Pada 1 Juli yang lalu, harga cabai masih dalam kisaran Rp20-an ribu, namun saat ini sudah di atas Rp30 ribu per kilogram," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Pemda DIY, Eko Witoyo, Selasa 14 Juli 2015.


Sementara itu, untuk harga telur ayam broiler masih dalam kisaran Rp18 ribu per kg, dan daging ayam broiler dalam kisaran Rp32 ribu per kg. "Harga daging ayam kampung yang melonjak dari Rp61 ribu menjadi Rp68 ribu," kata Eko.


Untuk harga kebutuhan pokok produksi pabrikan relatif stabil dan tidak ada kenaikan. "Untuk harga sembako yang diproduksi pabrikan masih relatif stabil," ujarnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya