Pelabuhan Merak Diserbu Pemudik, Antrean Masuk Kapal Panjang

Arus Mudik di Merak H-4
Sumber :
  • Antara/Asep Fathulrahman

VIVA.co.id - Arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten, hari ini terpantau padat. Antrean sudah nampak sejak tadi malam hingga Rabu siang, 15 Juli 2015. Kepadatan pun sudah terlihat di kantung-kantung parkir yang sudah mulai mengalami penumpukan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Berdasarkan pantauan Tim Mudik tvOne, ribuan sepeda motor sudah nampak mengantre sejak pagi tadi. Serupa, lajur lambung-lambung kapal juga disesaki kendaraan pemudik roda empat.

Berdasarkan data yang disampaikan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Pelabuhan Merak, hingga Rabu 15 Juli 2015, pukul 05.00 WIB pagi, sudah ada 94.548 kendaraan yang masuk dan hendak menyeberang ke Pulau Sumatera. Kebanyakan, kendaraan didominasi roda dua.

Hari ini saja, sudah ada 12.457 sepeda motor dan 7.746 mobil pribadi yang terdaftar melintas di Pelabuhan Merak. Kondisi ini diprediksi akan terus melonjak hingga sore dan malam nanti. Mengingat, arus mudik diprediksi hari ini akan mencapai puncaknya.

Sebagai antisipasi, ASDP menyiagakan lima dermaga dan 20 lajur kendaraan roda empat, serta lajur khusus kendaraan roda dua. Sementara untuk unit kapal, ASDP mengaku menyediakan 50 kapal. Namun baru 28 unit yang dioperasikan untuk keberangkatan ke Bakauheni.

Kapal lainnya baru akan disiapkan jika lonjakan terus mengalami kepadatan yang signifikan.

Antrean Truk di Pelabuhan Merak Mencapai 6 Km

Laporan Tim Mudik tvOne

Macet Merak

Pelabuhan Merak Dipadati Ribuan Mobil Pribadi

Antrean kendaraan hingga keluar pelabuhan.

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2015